Skip to content

Antara Kulit Dan Kulit

December 10, 2014
skin to skin

skin ti skin klik here

Menurut penelitian bayi yang terlahir kurang cukup umur alias prematur memiliki berat di bawah rata-rata. Salah satu penanggulangan ini bayi bisa dimasukkan dalam inkobator.

Selain inkobator ada media lain yang lebih alami yakni berupa tubuh ibu sang bayi bisa dikatan metode ini metode kanguru. Pada tahun 1983 metode ini sudah diterapkan di beberapa negara.

Dengan teknologi canggih kedokteran telah mengluarkan media kubus bersinar tapi secara alami kita tak menyadari bahwa ada metode yang lebih praktis dari inkobator berupa sentuhan antara kulit ibu dan kulit bayi hingga menghasilkan sebuah dekapan dan percikan-percikan kehangatan. 

Mendekap bayi bagai kanguru merupakan metode tanpa biaya kita cukup mendekapnya sambil memberikan ASI. Dekapan ini akan menimbulkan aliran-aliran kehangatan pada ibu  untuk buah hatinya.

Sentuhan kulit antara ibu dan bayi mampu menciptakan suatu kehangat yang naluriah dan alami. Bayi akan merasakan langsung kasih sayang dari sang ibu. Sesuatu yang alami memang akan menimbulkan cinta kasih bahkan kesembuhan secara cepat atas ketidaksehatan bayi bahkan anak.

Perawatan tersebut sangat terbukti mengurangi angka kematian pada bayi, menurunkan resiko infeksi atas udara di rumah sakit bahkan infeksi saluran pernafasan.

Perlengkapan apa saja yang dibutuhkan saat bayi telah berada di dekapan ibu:

  1. Gunakan pakaian lengkap untuk bayi dan tambhakan topi dan kaus kaki yang telah di seterika.
  2. Sebaiknya ibu menggunakan baju terbuka/masukkan bayi dalam kimono. jadi bayi benar-benar ada di permukaan kulit ibu. Agar suhu ibu tetap disarankan kita menggunakan kimono berbahan handuk atau bahan tebal lainnya. Selendang perlu juga untuk menyatukan keduanya.
  3. Letakkan bayi pada dada ibu dengan posisi tegak langsung menyentuh kulit ibu, pastikan kepala bayi sudah melekat pada dada ibu. Posisikan bayi dengan siku dan tungkai tertekuk, kepala dan dada bayi terletak di dada ibu dengan kepala agak sedikit mendongak. Bisa juga memakai baju dengan ukuran lebih besar dari badan ibu, dan bayi diletakkan di antara payudara ibu, lalu baju ditangkupkan. Kemudian ibu memakai selendang yang dililitkan di keliling perut bayi agar bayi tidak terjatuh.
  4. Posisi ibu dibuat serileks mungkin agar tetap bisa melakukan aktifitas lain seperti membaca buku, menonton televsi, dan aktifitas ringan lainnya.
  5. Yang pasti menyuplaian ASI harus berjalan terus agar kotoran pada tubuh bayi keluar berupa feces hingga tak menyebabkan kuning.

Dalam prakteknya persiapan antara iu dan bayi haruslah kompak ditambah dengan bagaimana posisi bayi yang seharusnya, pemantauan bayi dan cara memberikan ASI.

Sumber:

metode.kangguru.untuk.bayi.prematur

Baca juga:

bilirubin

dengan asi bayi yang terlahir prematur bisa terselamatkan

6 penyakit ditahun pertama kehidupan bayi

kandungan dalam kolostrum

save the children

From → Bayi, Bayi Baru Lahir

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: