Skip to content

Alat Tulis Dan Motorik

October 13, 2014

Line and circle

A photo posted by Ariyanti Sutrisno (@webariys) on

Tidak bisa dipungkiri bahwa motorik anak juga bisa melatih daya imajinasi anak. Bagaimana bisa? Jelas bisa dan sangat bisa.

Perhatikan ketika si anak bahkan bayi saat berusia satu tahun sudah memegang alat tulis tanpa dipaksa. Barang kali ia sudah mulai memegang pinsil, pulpen, spidol atau benda tulis lain ketika menemukannya terdampar di pojokan ruangan atau meja.

Dari sini kita bisa melihat bagaimana ia memegang pertama kalinya. Awalnya ia akan memegang alat tulis seperti bambu dengan mengepalkan  jari jemarinya. Bentuk coretan dengan jemari tertutup akan menghasilkan coretan garis tak lurus bahkan seadanya.

Beberapa waktu kemudian ia merubah cara memegang alat tulis tersebut layaknya orang sedang menunjuk. Bukan hanya cara memegangnya yang telah meningkat namun hasil coretannya mulai terlihat melengkung. Nah sudah jelas terlihat bukan hasilnya.

Mari perhatikan kembali setelah beberapa bulan, ia mulai membuat lingkaran meski tak beraturan.

Motoric line

A photo posted by Ariyanti Sutrisno (@webariys) on

Secara langsung perkembangan motorik kasar dan halus mulai terlihat dari caranya memegang alat tulis dan hasil coretannya. Mata dan tangan saling terlibat atas bantuan jalur syaraf .

Jangan pernah dibatasi dalam melatih coretan tersebut sebab barang tentu bakat anak kelak pada seni atau artistik lain. Coretan ini pun bisa menggambarkan kekreativitasan anak kelak. Tak jarang sebuah coretan di masa kecil bisa membawanya ke ajang internasional dalam pembuatan film animasi atau kartun.

Tidak ada salahnya jika tembok  rumah di penuhi karya buah hati kita meski belum teratur. Nantinya toh bisa dibersihkan dan dicat kembali.

Baca juga :

pasir dan motorik halus

 

 

 

From → ASI

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: