Skip to content

Pasir Dan Motorik Halus

September 29, 2014

Pasir merbabu park

A video posted by Ariyanti Sutrisno (@webariys) on

Bicara motorik tak kan lepas dari kata keterampilan terutama fisik pada jalur syaraf, otot melibatkan tangan dan mata. Saat usia anak mencapai 1-2 tahun ia mulai kesana kemari untuk menggapai dan memegang suatu benda.

Pengetahuan tentang benda yang dipegangnya memang masih minim namun dengan menceritakan ia akan mengingat dan mencari seperti apakah benda itu?. Saat bermain di pantai atau wilayah berpasir ia akan mencoba memegang , mengacak-acak, memindahkan bahkan membentuk .

Secara tidak langsung ia mulai melatih tangan dan matanya untuk menggerakkan syaraf dan otot. Membiarkan ia tahu tentang pasir akan menstimulasi otaknya akan diapakan pasir tersebut?. Akan terjawab dari hasil gerakannya.

Entah itu hanya memindahkan yang pasti motorik halus ini tengah berjalan. Setiap anak akan mencapai motorik halus secara optimal dengan stimulasi tepat.

Rangsangan akan penglihatan dan pendengaran bisa membantunya untuk bergerak menyesuaikan dan menjadikan benda yang ia pengang menjadi suatu bentuk.

Halusnya pasir dirasakan pada anggota tubuh jika ia menyentuh meski nantinya terlihat kotor ia akan terus memegang dan merasakan. Seperti memegang kehalusan lantas hilang dalam genggaman bercelah.

Gerakan terus dibuatnya di arena berpasir. Terus penasaran dengan hal tersebut ia akan melakukannya terus menerus tanpa lelah sampai ia memiliki jawaban tersendiri dalam ingatan.

Satu fase motorik halus telah ia jalankan.

Baca juga:

amankah dengan baby walker

From → ASI

One Comment

Trackbacks & Pingbacks

  1. Alat Tulis Dan Motorik | olalababies

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: