Skip to content

Shaken Baby Syndrome

June 30, 2014
4438f6976984f7bf3578e33b8ddae23d

klik here

Apa itu Shaken Baby Syndrom? adalah sindrom mengguncangkan bayi dengan cara menggoyangkan tubuhnya bahkan melemparkannya di udara.
Ada saatnya kita bermain dan bercengkrama pada sang bayi namun hal ini terkadang tidak cukup membuat kita puas karena sang bayi tidak respek bahkan belum merespeknya.

Terkadang kita mengguncang-guncangkan bahunya hingga ia tersenyum bahkan tertawa terbahak, ketika kita mencoba melemparkan bayi ke udara bahkan kita mengajak bermain bak koboy menunggangi kuda pada bagian tubuh belakang kita atau menggendong bayi tanpa menyangga bagian leher dengan berjalan cepat dan berlari.
Tahukah Ayah, Bunda bahwa permainan tersebut akan membawa mala petaka pada buah hati kita. Beberapa tahun silam dunia kedokteran mengidentifikasi jenis penyakit yang serius pada bayi yakni SIDS (Suden Infant Death Syndrome) salah satu pemicunya adalah mengguncangkan tubuh bayi.
Shaken Baby Syndrome identik dengan bahaya mengguncang tubuh bayi sangatlah bagi bayi memang awalnya kita membuat mereka bergembira hingga tertawa namun hal tersebut adalah berbahaya karena bisa menyebabkan kerusakan pada bagian otaknya. Lima detik saja kita membuatnya tertawa dengan cara yang salah maka ia akan merasakan seumur hidupnya.
Menurut profesor Hans Juergen Nentwich guncangan keras selama lima detik saja akan merusak fungsi-fungsi otak. Pengamatan telah di lakukan di negara Jerman sekitar 100 bayi telah melami kerusakan parah di otak akibat diguncang-guncangkan oleh pengasuhnya dan angka tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan trau,a yang dialami bayi akibat gerakan tersebut.
Selain itu mengguncangkan bayi juga bisa menyebabkan kematian bagi bayi dengan usia yang sangat muda karena sang bayi belum bisa menyangga kepalanya sendiri otot pada bagian leher masih belum kuat dan lemah dalam menopang si kepala. Akibatnya jika tubuhnya terguncang bagian kepalanya akan tergoyang ke depan dan ke belakang inilah yang berbahaya.
Saat itu juga bisa mengakibatkan kerusakan otak, pendarahan di dalam otak dan permukaan pada otak masalah seriusnya bisa mengakibatkan kerusakan yang serius dan permanen seperti: kerusakan otak, Cerebral palsy, kebutaan, epilepsi, kesulitan berbicara, kesulitan belajar, kesulitan koordinasi, serangan jantung dan keterbelakangan mental.  Bagai mana cara mencegah dan menghindarinya?
  1. Jangan pernah mengguncangkan bayi di bawah usia tiga tahun dengan cara dan alasan apapun meski terkadang bisa membuatnya bahagia.
  2. Menyangga kepala bayi dengan tangan saat menggendong harus dan selalu.
  3. Memberitahukan kepada baby sitter atau pengasuh di rumah tentang pentingnya melindungi kepala bayi seperti menggendong.
  4. Pastikan semua orang yang menjamah bayi kita bisa menggendong dengan benar dan tidak mengguncangkan bayi kita.
  5. Segera bawa bayi ke dokter untuk periksa secara langsung baik sengaja maupun tidak saat diantara kita mengguncangkan bayi. Karena pendarahan di dalam otak bisa segera diatasi jika kita langsung memberitahukan ahli kesehatan setempat untuk menyelamatkannya.

Kita perlu memperingatkan dan menuturkan kepada orang-orang di sekeliling kita agar bayi kita aman saat di pegang dan di gendong oleh siapapun tak terkecuali kita.

Baca juga:

https://olalababies.wordpress.com/2014/06/17/gumoh-muntah/

https://olalababies.wordpress.com/2014/05/21/kolik/

https://olalababies.wordpress.com/2013/09/04/salah-satu-penyebab-sids-adalah-sorotonin/

https://olalababies.wordpress.com/2013/06/18/bantal-bisa-mencegah-sids-pada-bayi/

https://olalababies.wordpress.com/2013/06/04/dot-bisa-menghindari-sids/

From → Bayi, Kesehatan

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: