Skip to content

Pengetahuan Kesehatan, Perlu

June 18, 2014
6de3d42dadfc52c0d3f0b95cdf0e2f34

klik here

Masih hangat dalam ingatanku saat berangkat menuju kantor saat melewati daerah kawasan Madura pemukiman padat penduduk  terdapat kali di tengah-tengah antara jalan dan perumahan sedikit kumuh bahkan menurutku cenderung kumuh.

Kali berukuran besar dengan air yang cukup dangkal berwarna hitam hingga coklat rupanya sedang dalam renovasi pada sisi tanggul dan jalan membuat keadaan jalan macet dan polisi kendaraan bermotor makin santer dengan asap knalpotnya.

Bagi pengendara pastinya akan mengganggu pernafasan hingga debu dan asap kurang sehat singgah di udara yang kita hirup. Di pinggir jalan dan kali tersebut terlihat seorang Ayah sedang memperhatikan bayinya yang sedang di jemur dalam timangannya.

Kontan aku berfikir bagaimana bayi bisa sehat saat di jemur untuk mendapatkan vitamin D pada sinar matahari sedangkan lingkungan tempat ia berjemur tercium bau kali yang kurang sedap hingga polusi kendaraan bermotor di hirup oleh sang bayi.

Terlihat usia bayi masih dalam hitungan minggu bahkan hari Ayahnya masih asik mengarahkan bayinya ke sinar matahari berada. Seandainya ia bisa mendapatkan sinar matahari jauh dari simpang siur kendaraan bermotor maka  amanlah pernafasan dan paru-paru sang bayi begitu pula jika sang Ayah bisa menghindari bau kali.

Menurutku tujuannya ingin menjemur sang bayi tapi apalah daya dengan kondisi,  jika sang Ayah mempunyai pengetahuan lebih ia pasti takkan menjemur jabang bayi diantara bau kali dan polusi ia bisa minggir sedikit ke arah yang lebih aman dari kedua polusi tersebut.

Melihat keadaan tersebut rasanya ingin langsung membawa sang bayi dari polusi dan menghadapkannya ke belakang jalan agar ia bisa tetap hangat dengan sinar yang di dapat. Sedikit pun pengetahuan kesehatan yang kita miliki kelak akan dirasakan oleh bayi hingga besar bagimanapun itu buat bayi tetap sehat dengan cara yang aman dari timbulnya penyakit save the children.

Baca juga:

https://olalababies.wordpress.com/2014/06/17/gumoh-muntah/

https://olalababies.wordpress.com/2014/05/21/kolik/

https://olalababies.wordpress.com/2013/09/04/salah-satu-penyebab-sids-adalah-sorotonin/

https://olalababies.wordpress.com/2013/09/03/mengurangi-nyeri-saat-si-kecil-vaksinasi/

https://olalababies.wordpress.com/2013/09/02/hati-hati-bayi-bisa-sebagai-perokok-pasif/

From → Bayi, Kesehatan

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: