Skip to content

Menyusui Tidak Menimbulkan Rasa Sakit

May 13, 2014
klik here

klik here

Menurut Mia Sutanto dari Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), bahwa menyusui tidak akan menimbulkan rasa sakit. Karena hal tersebut bergantung pada ibu apakah ia mempelajari menyusui dan ASI saat masa kehamilannya.

Jika kita bisa  menguasai teknik dengan benar maka tidak akan menimbulkan rasa sakit dan trauma pada kita. Lalu bagaimana teknik menyusui yang benar?

Menurut  dr Edi S Tehuteru SpA(K), MHA, IBCLC, pada prinsipnya ibu dan anak harus sama-sama nyaman.

Dagu bayi dan payudara ibu harus menempel, buat mulut bayi terbuka selebar-lebarnya dan bibir bayi dalam keadaan terbalik (mencibir/monyong) perlahan-lahan masukkan aerola sebanyak-banyaknya ke mulut bayi.

Saat aerola telah masuk ke mulut bayi maka posisi puting harus berada di antara langit-langit mulut bayi yang keras dan lunak karena bayi menyusu dengan menggunakan lidah dan lecet pun bisa dihindari.

Apa lagi ciri menyusui yang benar?. Kita bisa melihat pipi bayi saat menghisap puting ibu dalam kondisi menggembung (seperti terisi udara) mimik tersebut bisa kita jumpai saat bayi asik menghisap ASI.

Jika pipi bayi masih dalam keadaan kempot maka posisi menyusui belum tepat sebab bisa menyebabkan puting lecet. Posisi siku kita jangan terlalu menekan kepala bayi karena akan menyebabkan ia susah menelan.

Saat mulai menyusui kita bisa langsung menerapkan bagaimana gaya dan posisi yang pas nan asik untuk keduanya, bisa dengan posisi cross cradle saat si kecil menyusu di payudara bagian kanan atau posisi  football dengan meletakkan bayi di samping tubuh.
Dengan mencari sedikit pengetahuan tentang ASI saat hamil bisa membuat kita tahu bagai mana teknik menyusui hingga langsung memperaktekkan setelah melahirkan.

Inspirasi:

http://health.detik.com/read/2014/05/07/184551/2576393/775/begini-caranya-agar-puting-tak-sakit-saat-menyusui-pertama-kali?991104topnews

Baca juga:

https://olalababies.wordpress.com/2013/12/05/10-langkah-keberhasilan-menyusui/

https://olalababies.wordpress.com/2013/10/23/what-is-imd/

https://olalababies.wordpress.com/2013/08/30/menyusui-bisa-membersihkan-mastitis/

https://olalababies.wordpress.com/2013/07/26/perlukah-suplemen-untuk-meningkatkan-asi/

https://olalababies.wordpress.com/2013/03/25/asi-investasi-masa-depan-bagi-ibu-anak/

From → Ibu, Menyusui

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: