Skip to content

Menyapih Dengan Cinta

March 24, 2014
IMG01305-20140104-1006

sesekali memberikan susu UHT

Usianya hampir dua tahun kurang dua bulan. Sudah saatnya kita menyapihnya. Beberapa minggu lalu saya mencoba memperkenalkannya dengan susu formula dengan berbagai merk dan rasa namun hasilnya si kecil menolak.

Entah karena rasanya yang berbeda atau bau susu formula tersebut. Di suatu kesempatan saya memberikan susu formula dengan kadar gula zero yang telah saya baca pada kemasan dengan harga yang aduhai mahalnya.

Karena menurut saya ingin mencari sufor dengan rasa yang hampir mirip dengan ASI, tapi nyatanya memang tidak ada. Saya meletakkan susu formula dalam gelas dan ASI dalam gelas di atas meja.

Saat si kecil menginginkan susu ia mencoba mengambil gelas berisikan susu formula, sebelum meminumnya ia mencium sufor tersebut kemudian mencoba meneguknya.

Dengan wajah penuh tanda tanya ia langsung meletakkan sufor tersebut. Beberapa menit kemudian dia mencoba meminum ASI dalam gelas, tanpa wajah tanda tanya ia langsung meneguknya hingga ludes.

Cara ini bertujuan untuk menyapih dan terbiasa minum dengan menggunakan gelas kedua saya mencoba untuk memberikan susu formula menginjak usianya hampir dua tahun. Namun memberikannya susu formula pada si kecil beberapa kali saya selalu gagal.

Sebagai penggantinya saya selalu memberikan makanan dengan gizi seimbang seperti sayur, daging, tahu, tempe hingga kenyang jika perlu memberikan susu segar atau susu UHT dengan masa penggunaan dua minggu akan lebih baik.

Sementara proses menyapih hingga saat ini terus berjalan dengan cara tidak menawarkannya ia untuk menyusu dan tetap memberikan ASI jika diminta. Dengan begini menyapih tidak perlu dengan paksaan namun memberikan apa yang ia inginkan.

Menyapih dengan rasa cinta akan lebih mudah dilaksanakan bila dibandingkan dengan cara yang streng atau keinginan kita. Bayi akan terus meminta dan menagis jika proses menyapih atas kehendak kita. Selamat menyapih pastinya dengan cinta.

From → Ibu, Menyusui

One Comment

Trackbacks & Pingbacks

  1. Mama Mau Es Cream | olalababies

Leave a Reply

