Skip to content

Hubungan Menyusui Dan Otak Bayi

February 25, 2014
Breastfed1_2

Gambar MRI (klik di sini ) , diambil saat anak-anak tidur , menunjukkan bahwa bayi yang mendapatkan ASI eksklusif selama tiga bulan terlihat pertumbuhan  bagian penting dari otak dibandingkan dengan anak-anak yang diberi makan formula atau kombinasi formula dan ASI . Gambar menunjukkan perkembangan myelization oleh usia , kiri ke kanan .

Sebuah bukti dari PROVIDENCE , RI Brown University membuktikan bahwa menyusui sangat baik bagi otak bayi karena dengan menyusui bisa menghasilkan perkembangan otak lebih baik dibandingkan dengan kombinasi ASI dan susu formula bahkan mengkonsumsi susu formula saja.

Hal ini telah digambarkan pada perkembangan otak mulai terisi hingga terisi penuh.

Contoh diambil pada anak-anak berusia 4 tahun, penelitian ini telah menemukan anak berusia 3 bulan yang mengkonsumsi ASI secara eksklusif pada bagian otaknya secara menonjol berkaitan dengan bahasa, fungsi, emosional, dan kognisi. Jika dibandingkan dengan bayi yang mengkonsumsi keduanya yakni ASI dan sufor maka secara keseluruhan tidak sama.  

Ini bukan studi pertama yang menunjukkan perkembangan otak yang membantu menyusui bayi. Studi perilaku sebelumnya  dikaitkan menyusui dengan hasil kognitif yang lebih baik pada remaja yang lebih tua dan orang dewasa .

Pertama kalinya studi citra yang tampak perbedaan hubungan pemberian ASI pada otak anak-anak yang sangat muda dan sehat. Karena otak bayi secara perlahan benar-benar berkembang, hal ini terlihat pada bayangan menyerupai kelelawar hingga otak terisi penuh.

Deoni memimpin Brown Advanced Bayi Pencitraan Lab. Dia dan rekan-rekannya menggunakan mesin MRI tenang, bahwa otak gambar bayi saat mereka tidur. Teknik MRI Deoni telah mengembangkan melihat struktur mikro materi putih otak, jaringan yang berisi serabut saraf yang panjang dan membantu bagian-bagian berbeda dari otak berkomunikasi satu sama lain.

Secara khusus, teknik mencari jumlah myelin , bahan lemak yang insulates serabut saraf dan mempercepat sinyal listrik ketika mereka zip sekitar otak .

Deoni dan timnya mengamati 133 bayi mulai usia 10 bulan sampai empat tahun . Semua bayi memiliki waktu kehamilan normal, dan semua berasal dari keluarga dengan status sosial ekonomi yang sama .

Para peneliti membagi bayi menjadi tiga kelompok : mereka yang ibunya melaporkan mereka ASI eksklusif selama setidaknya tiga bulan, mereka diberi kombinasi ASI dan susu formula , dan mereka susu formula saja. Para peneliti membandingkan anak-anak yang lebih tua untuk anak-anak muda untuk membangun lintasan pertumbuhan materi putih untuk setiap kelompok .

Breastfed2.img_assist_custom-500x143

(klik di sini) konten mielin – bahan lemak yang insulates serabut saraf mempercepat sinyal listrik dan meningkat dengan menyusui . Perubahan perkembangan otak terjadi lebih awal , hampir dari awal .

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok ASI eksklusif memiliki pertumbuhan tercepat di materi putih myelinated dari tiga kelompok , dengan peningkatan volume materi putih menjadi substansial pada usia 2. Kelompok kedua diberi ASI dan susu formula memiliki pertumbuhan lebih dari kelompok eksklusif diberi susu formula, tapi kurang dari ASI – satunya kelompok .

Deoni dan timnya kemudian didukung data pencitraan mereka dengan serangkaian tes kognitif dasar pada anak yang lebih tua. Tes tersebut menemukan peningkatan kinerja bahasa, penerimaan visual, dan kinerja kontrol motor pada kelompok ASI.

Bagaimana dengan durasi menyusui? Jika bayi diberi ASI lebih dari satu tahun bila dibandingkan dengan bayi yang diberi ASI kurang dari satu tahun makan akan terlihat pertumbuhan otak secara signifikan terutama pada bagian otak yang berhubungan dengan fungsi motoriknya.

So, menyusui memang memiliki dampak yang sangat, sangat baik dan positif bagi pertumbuhan otak bayi.

Sumber terkait:

http://news.brown.edu/pressreleases/2013/06/breastfeeding

Baca juga:

https://olalababies.wordpress.com/2013/11/06/asi-bisa-mempengaruhi-kecerdasan-anak/

https://olalababies.wordpress.com/2013/08/01/enzim-lipase-amilase-pada-asi/

https://olalababies.wordpress.com/2013/03/01/susu-sapi-empat-kali-lebih-asin-dari-asi/

https://olalababies.wordpress.com/2013/11/18/save-the-children/

From → ASI

One Comment

Trackbacks & Pingbacks

  1. 3 Cara Memberikan Susu Pada Bayi | olalababies

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: