Skip to content

5 Dari 10 LMKM Bagian 1

December 9, 2013
5 dari 10 LMKM

5 dari 10 LMKM

Menurut surat edaran yang dikeluarkan oleh Menteri Kesehatan pada tanggal 22 September 2010 lalu menerangkan bagaimana langkah-langkah yang harus di lakukan orang-orang untuk mendukung keberhasilan ibu menyusui. Bagaimana isinya telah dibuat dalam beberapa hari lalu salah satu isinya yaitu:

1. Fasilitas pelayanan kesehatan mempunyai Kebijakan Peningkatan Air Susu Ibu (PP-ASI) tertulis secara rutin dikomunikasikan kepada semua petugas kesehatan. 

Di sini menerangkan bahwa setiap pelayanan kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas harus benar-benar memiliki kebijakan tentang ASI yang di tuangkan secara tertulis dan diberitahukan kepada seluruh petugas kesehatan baik dokter, bidan, perawat dan orang-orang yang terlibat di dalamnya. (contoh surat kebijakan dan dukungan ini terlampir).

2. Melakukan pelatihan bagi petugas kesehatan dalam hal pengetahuan dan keterampilan untuk menerapkan kebijakan tersebut. 

Pada poin satu sebelumnya harus ada surat tertulis tentang dukungan ASI, dengan adanya surat dukungan tersebut pelatihan bagi petugas kesehatan juga sangat diperlukan agar memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang surat kebijakan LMKM agar bisa menerapkan kebijakan tersebut.

3. Menjelaskan kepada ibu hamil tentang manfaat menyusui dan penatalaksanaannya dimulai sejak masa kehamilan, masa bayi lahir sampai umur anak 2 (dua) tahun termasuk cara mengatasi kesulitan menyusui.

Pada poin ketiga ini sudah banyak penyuluhan yang dilaksanakan oleh beberapa rumah sakit seperti RS. ibu dan anak Hermina, pada pertemuan antara pasien dan petugas kesehatan menjelaskan bagaimana cara menyusui setelah bayi lahir (baik proses secara normal maupun caesar). bagai mana cara menyusui yang benar, mengatasi sulitnya menyusui pada beberapa kasus seperti puting mendelep, tongue (lidah bayi pendek), ASI keluar hanya sedikit dan problem lain akan di bahas dalam penyuluhan yang diadakan oleh pihak kesehatan.

4. Membantu ibu menyusui bayinya dalam 60 menit setelah melahirkan, yang dilakukan di ruang bersalin. Apabila ibu mendapat operasi caesar, bayi disusui setelah 30 menit setelah ibu sadar. 

Praktek menyusui sesungguhnya akan dilaksanakan beberapa menit setelah ibu menyusui pada awal menyusui kita bisa meminta pada petugas untuk melaksanakan program Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dari sini petugas kesehatan tempat kita melahirkan baik rumah sakit, klinik bersalin, puskesmas maupun bidan harus membantu ibu dan bayi untuk mempertemukan tempat dan tujuan yang sama yaitu puting untuk sang bayi menyusui dengan cara meletakkan bayi pada tubuh ibu beberapa menit setelah melahirkan agar ASI keluar dan bertahan lama untuk bayi.

5. Membantu ibu bagaimana cara menyusui yang benar dan cara mempertahankan menyusui meski ibu terpisah dari bayi atas indikasi medis. 

Biasanya setiap rumah sakit akan memiliki pompa ASI sebagai media pembantu jika ibu dan anak terpisah dalam ruang, di sini kita disarankan untuk memompa ASI dalam botol dan memberikannya pada bayi jika dalam kondisi tertentu.

Menyusui bukan hanya di rumah sakit saja namun semua pihak yang mendukung pergerakan ASI akan menyarankan menyusui selama enam bulan dan dilanjutkan hingga dua tahun.

Bagaimana caranya mempertahankan ASI kita agar selalu banyak dan melimpah kuncinya ada pada diri kita sendiri, jika kita memiliki niat untuk memberikan ASI secara full selama dua tahun maka kita akan bisa melaksanakannya tanpa mengeluh apapun.

Antara ibu dan anak harus benar-benar bekerja sama karena semakin sering bayi menyusui maka produksi ASI akan terus melimpah meski kita bekerja akan memiliki berbagai macam cara untuk tetap mengeluarkan ASI dengan cara memompa secara rutin.

Jika pada poin kelima ini kita yakin bisa maka keyakinan itu akan mudah terlaksana. Sebagian dari ibu sukses dengan keyakinan ini. Karena dengan niat dan keyakinan kita pasti bisa.

Bersambung pada poin 6-7 : 5 dari 10 lmkm bagian 2

terinspirasi:

http://rsudps.bantulkab.go.id/documents/20130713112549-pelaksanaan-sepuluh-langkah-menuju-keberhasilan-menyusui.pdf

http://kultwit.aimi-asi.org/2013/03/video-balm-benar-awalnya-lancar-menyusuinya/

Baca juga:

10 langkah keberhasilan menyusui

kandungan dalam kolostrum

management asip

memerah menyimpan menggunakan asip

manfaat asi

From → ASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: