Skip to content

Seputar MPASI

December 2, 2013
mulailah dengan makanan alami tanpa tambahan rasa saat bayi mulai makan

mulailah dengan makanan alami tanpa tambahan rasa saat bayi mulai makan

Banyak hal yang kita perlu ketahui saat bayi telah menginjak usia enam bulan karena diusia ini bayi akan kita perkenalkan dengan makanan lembut pendamping ASI seperti pure.

Namun ada beberapa yang menjadikan sebuah pantangan bahkan keharusan sebuah makanan seperti apa jenis makanan tersebut.

1. Makanan dan rasa yang perlu dihindari 
Makanan yang sangat perlu dihindarkan adalah makanan yang banyak mengandung garam seperti kerang, makanan yang banyak mengandung rempah, gula, keju, kacang-kacangan, biji-bijian, mentega, makanan dengan pola dibakar.

Makanan tersebut harus dihindarkan dahulu saat bayi belum menginjak usia satu tahun karena kacang akan sulit dicerna oleh bayi. Pemberian kacang sebaiknya dihaluskan  terlebih dahulu seperti selai kacang namun pemberiannya setelah bayi berusia satu tahun keatas.

2. Hindarkan madu
Madu dengan manis dan kekentalan yang khas harus dihindarkan dahulu sebab ada beberapa kasus bahwa madu mengandung jenis bakteri jika tertelan oleh bayi akan menyebabkan penyakit serius, hindarkan pengkonsumsian madu saat bayi berusia di bawah satu tahun.

Buah seperti jeruk, kiwi, dan berry sebenarnya bisa Anda berikan setelah bayi berumur enam bulan, tapi waspadai reaksi berbahaya yang bisa timbul seperti gangguan pencernaan.

3. Dimulai dengan makanan hambar
Memperkenalkan makanan pertama pada bayi berusia enam bulan bisa kita mulai dengan rasa yang hambar dan  rasa alami seperti sayuran dan buah ikan tanpa garam. Karena dari sini kita bisa melatih dan mengingat rasa alami makanan yang ia makan maka kita bisa memperkenalkan berbagai jenis makan padanya.

4.Makanan padat 
Memberikan makanan padat saat bayi mulai tumbuh gigi akan membuat gigi dan gusinya berjuang keras karena gigi tersebut belum terlalu kuat untuk menggigit dan mencerna makanan padat. Sebaiknya kita bisa memulainya dengan makanan yang dicincang terlebih dahulu seperti daging, ayam dan makanan padat lainnya.

5. Lemak 
Lemak memang sangat dibutuhkan oleh bayi jadi kita bisa memberikan susu bukan yogurt karena asamnya yogurt akan membuat perut bayi mudah berkontraksi hingga menyebabkan buang air. Jadi jangan pernah samakan susu untuk orang dewasa dan balita karena bayi masih banyak membutuhkan lemak.

Baja juga:

mpasi buatan sendiri lebih aman dan bergizi

karbohidrat bisa diambil dari umbi umbian sebagai pure

puree

 

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: