Skip to content

Save The Children

November 18, 2013
 Eitiopia percaya bahwa air gula bisa membuat bayi kuat di awal kelahirannya

Di Eitiopia percaya bahwa air gula bisa membuat bayi kuat di awal kelahirannya

Miris rasanya jika saya membaca atau mendengar sebuah berita banyak bayi meninggal di sebuah negara seperti Etiopia.

Banyak salah kaprah dalam sebuah tradisi Bayi yang seharusnya langsung diberikan ASI malah menunda hingga tiga hari mereka percaya bahwa air putih, air gula, air teh bahkan mentega bisa memperkuat bayi lalu apa yang terjadi.

Pengalaman tersebut akan membuat bayi akan lebih rentan terhadap penyakit karena kekebalan bayi dibentuk sejak awal kelahirannya dengan mengkonsumsi ASI pertama yang dikeluarkan oleh sang ibu berupa kolostrum.

Kolostrum inilah yang akan memperkuat sistem kekebalan tubuhnya bukan dengan air gula bahkan air teh secara alami akan dikeluarkan oleh sang ibu jika bayi menghisapnya jika tidak maka pertumbuhan bayi akan terhambat tepat pada masalah gizi dan kekebalan tubuh.

Minimnya pengetahuan dan pendidikan memang akan selalu jadi hambatan bagi mereka yang kurang mengetahui. Terbatasnya sumber daya manusia khususnya kesehatan menyebabkan sepertiga ibu melahirkan tanpa pendamping terutama bidan.

Padahal hal ini penting untuk menyampaikan betapa pentingnya ASI bagi anak mereka kelak. Hal ini telah dipelajari oleh sebuah studi bahwa kaum ibu yang tidak berpendidikan lebih jarang memberikan ASI pada bayinya hingga ia mudah percaya terhadap budaya dalam lingkungannya.

Save The Children menyerukan para pemimpin dunia untuk memberi dana lebih banyak dalam memberantas kekurangan gizi pada masa-masa awal kelahiran khususnya bidan untuk mendampingi kaum ibu yang melahirkan agar setelah melahirkan biasa langsung memberi pengetahuan tentang ASI dan kesehatan ibu dan anak terutama untuk Etiopia. Please tolong mereka agar mereka tak kehilangan harapan dan tumpuan hidupnya demi masa depan.

Berita terkait:

http://www.bbc.co.uk/indonesia/multimedia/2013/02/130221_foto_bayi.shtml

Baca juga:

manfaatasi

kandungan dalam kolostrum

dengan asi bayi yang terlahir prematur bisa terselamatkan

asi investasi masa depan bagi ibu anak

asi dalam tradisi

From → ASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: