Skip to content

Ada Cara Lama Yang Salah

October 31, 2013
mengompres dengan air hangat-hangat kuku akan membantu menurunkan si kecil panas tanpa efek samping

mengompres dengan air hangat-hangat kuku akan membantu menurunkan si kecil panas tanpa efek samping

Masih berbagi tentang anak yang demam, cara lama dan ampuh memang dengan mengompres bayi.

Perlu kita ketahui bahwa menggompres juga memiliki cara yang aman dan tepat. Misalnya, saat kita dulu pemikiran saya bahwa saat anak panas dikompres dengan air biasa atau air es tapi ternyata salah karena sesuatu yang dingin bisa menurunkan demam hanya sesaat saja selebihnya akan menimbulkan demam yang lebih tinggi hingga menggigil.

Ternyata cara yang tepat adalah dengan menggunakan air hangat bukan air panas, tepatnya hangat-hangat kuku.

Menggompres pada bagian tubuh bukan hanya bagian kening dan kepala saja karena dengan menghangatkan seluruh permukaan kulit akan terjadi pelebaran pembuluh darah di seluruh permukaan kulit hingga aliran darah akan membuang panas dengan cepat ke udara.

Karena prinsipnya kita membuat reseptor lewat kulit agar tubuh menyadari dan mengalami suhu yang berbeda secara cepat bahkan lambat.

Cara lain menurunkan demam dengan menggunakan alkohol dan ternyata pendapat ini juga mulai pudar karenakan menimbulkan keracunan pada anak.

Mari kita bayangkan apa yang terjadi saat si kecil panas kemudian di sekujur tubuhnya kita gunakan alkohol, penggunaan alkohol pun biasanya 70%, cairan tersebut akan meresap ke dalam kulit hingga bisa menyebabkan efek toksik atau keracunan pada anak.

Ini bisa terlihat dari kulitnya yang mulai menghitam atau sedikit gosong. Jadi sebaiknya kita tinggalkan penggunaan alkohol dalam menangani demam dan panas pada anak.

Tapi mengkonsumsi air putih saat si kecil panas akan sangat membantu karena bisa membuang racun dalam tubuhnya melalui air kencing dan keringat.

Namanya juga anak kecil ya, terkadang saat sakit untuk terus mengkonsumsi air putih agak sulit jadi kita harus pandai-pandai merayunya. Jika si kecil masih mengkonsumsi ASI itu akan lebih membantunya karena selain mudah ia selalu bisa berdekatan dengan sang ibu.

From → Anak, Kesehatan

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: