Skip to content

What It’s IMD?

October 23, 2013
IMD

Proses IMD sangat penting bagi Ibu dan bayi
ilustration picture NNC

IMD (Inisiasi Menyusui Dini) merupakan proses awal terpenting dalam menyusui yaitu dilaksanakan saat bayi baru benar-benar keluar dari rahim Ibu.

Beberapa menit setelah melahirkan beberapa dari kita mungkin bisa langsung melaksanakan IMD ada pula yang tidak.

Saat melakukan IMD kita bisa melihat prilaku bayi kita berada di atas tubuh ibunya. Seperti apa proses IMD itu? Ada beberapa tahapan saat bayi meraih puting sang Ibunya yaitu:

  1. Menit pertama bayi mulai di letakkan pada tubuh ibunya yaitu tepat pada bagian perut.
  2. 30 – 45 Pertama, bayi mulai siaga dan sedikit bergerak, Matanya sesekali terbelalak melihat Ibunya. Hal ini sering ia lakukan selama di rahim karena gerakan ini penyesuaian saat berada di dalam kandungan ibunya.
  3. 45 – 60 menit berikutnya, ia mulai aktif bergerak. Mulutnya beberapa kali bergerak-gerak seperti ingin minum hingga sesekali mengeluarkan suara bersamaan dengan gerakan tangan yang dijilatinya. Bayi akan mencium dan merasakan cairan ketuban saat menjilat tangannya. Dan bau ini akan membimbingnya hingga mencapai payudara ibu karena cairan ketuban memiliki aroma yang sama dengan cairan ketuban. Biasanya pada saat akan melaksanakan proses IMD ini perawat tidak akan mengeringkan tangan bayi untuk mempermudah mendapatkan air susu ibu.
  4. Untuk Menit selanjutnya bayi mulai mengeluarkan air liur tanda ia  mulai menyadari bahwa di sekitarnya ada makanan yang telah disajikan.
  5. Perlahan-lahan mulai bergerak ke arah payudara Ibu. Saat itu ia mulai mencari sumber makanan hingga kakinya bergerak menekan perut kita, menjilat kulit ibu, menghentakkan kepalanya tepat di dada kita dengan menolehkan kepala ke kanan dan kiri. Areola merupakan sasaran utamanya sampai menemukan dengan menyentuh, meremas daerah tersebut dengan tangannya.
  6. Akhirnya bayi menyusu tepat di puting ibunya dengan membuka mulut lebar-lebar hingga melekat.

Secara langsung kita memang tidak bisa melihat gerakannya, setelah melihat rekaman vidionya kita akan takjub dengan usahanya. Secara alamiah ia akan mampu mencari makanan yang ia cium di sekitar tubuh ibunya.

Jadi kita tidak perlu khawatir, biarkan sang bayi berusaha dengan gerakannya. Jangan biarkan perawat membawa langsung bayi kita untuk segera dibersihkan dan di bawa ke ruang bayi karena IMD itu penting untuk kesehatan bayi dan kelancaran ASI kita.

From → ASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: