Skip to content

Jika Pemberian ASI Tidak Maksimal

October 21, 2013

asleepatbreast

Hai bun, sudah berikan ASI hari ini? Sudah maksimalkah kita dalam memberikan ASI?. Maksimal disini bukan sehari kita memberikannya hingga berapa kali tapi pemberian secara dua tahun lamanya.

Bagi Ibu yang memang memiliki niat untuk memberikan ASI selama dua tahun lamanya berikanlah jangan pernah ragu.

Karena lamanya pemberian ASI pada bayi kita akan berpengaruh pada kesehatan dan mentalnya. Jika bicara kesehatan pasti akan banyak kasusnya namun jika kita berbicara mental maka anak akan cenderung mengalami gangguan kurangnya perhatian atau autisme.

Kasus ini bisa terjadi jika pemberian ASI kurang dari satu tahun bahkan hanya satu tahun hingga terjadilah pencampuran antara susu formula dan ASI bahkan langsung dicekoki susu formula.

Buk…pernah lihat kasus tawuran dan bunuh diri yang dilakukan pelajar? pernah melihat anak-anak yang mengalami stres dan agresif dalam tingkah lakunya dan mudah marah jika ditanya hingga menyebabkan bertengkar? Inilah yang disebut kondisi mental.

Menurut dr. Utami Roesli,SpA, IBCLC, FABM, menyatakan bahwa pemberian ASI dalam jangka waktu dua tahun kepada bayi nantinya akan memiliki hubungan kuat antara Ibu dan anak, dengan demikian kita bisa memahami dan paham akan kondisi apapun yang dialami mereka begitu pun sebaliknya.

 “ASI itu kan selain membawa anti bakteri, anti viral, juga membawa DNA dan RNA dari dalam tubuh. ASI itu darah seperti darah yang berwarna putih. Jadi akan lebih baik jika anak minum susu dari ibunya. Ya kalau sampai SD mau beri ASI-pun juga masih bisa, bahkan bagus sekali, tidak apa-apa. Bisa dengan diperah susunya taruh dalam gelas. Diperah lalu disimpan dalam freezer kan bisa,” tuturnya.

Sumber

asi-tidak-maksimal-bisa-berisiko-anak-terkena-gangguan-kesehatan-mental

Baca juga:

menyusui bisa membersihkan mastitis

dengan asi bayi yang terlahir prematur bisa terselamatkan

asi investasi masa depan bagi Ibu anak

asi kurangi resiko kematian bayi mendadak

asi pun mengandung bakteri baik

From → ASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: