Skip to content

Frekuensi Renang

October 8, 2013
2013-09-28 10.50.46

kita bisa melihat di kejauhan ada seorang balita perempuan berada di tengah kolam sendiri bukan? ini membuktikan bahwa frekuensi renang bisa membuat mental bayi lebih berani dan terbiasa

Saat usia di bawah satu tahun kerap kali kita mengantarkan dan mengajak si kecil berenang yang sedang tren saat ini baby spa and message.

Diusia tersebut bayi masih nampak mengarak-gerakkan anggota tubuhnya terutama kaki sering kali kita lihat ia tertawa gembira saat berada dalam air. Sambil bergerak dan tertawa hal itulah yang sering kita jumpai pada bayi diusia terbilang bulan.

Namun setelah menginjak usia satu tahun kita kembali memperkenalkan air dalam kolam setelah absen dari renang beberapa bulan, apa yang terjadi? Ia agak sedikit takut dengan air.

Saya mencoba perlahan mengajaknya ke dalam air dengan gerakan kaku ia sulit untuk berbaur dengan air. Lama tak mengajaknya berenang membuat balita takut akan lautan air dalam kolam. Beberapa kali ia terdiam sambil mencengkeram erat pakaian yang saya kenakan.

Perlahan lahan saya mulai menggerakkan tangan dan kakinya dalam air dan mulai meletakkannya dalam pelampung. Ia mulai melunak, mulai bermain dengan air hingga ia menggerakkan kaki dan tangannya. Beberapa menit ia menolak untuk menggunakan pelampung dan kami pun berusaha untuk melepaskannya.

Tanpa pelampung balita tersebut mulai berjalan dalam air berukuran setengah meter sambil berpenggangan ibunya. Tanpa ba bi bu pula saya mulai mengajaknya berjalan secara mundur sambil memegang tangannya dan menyeretnya dalam air.

Woooww…ternyata ia menyukainya mengerakkan kakinya bak perenang dengan gaya katak secara perlahan ia mulai berani kembali di medan air. Dalam kolam tersebut saya menjumpai balita perempuan berusia dua tahun dengan kemahirannya berenang dan berjalan kesana kemari tanpa ada pemandu di dekatnya.

Hal ini membuat saya berfikir bahwa balita yang sering berenang memang akan terbiasa dan akan membuat mentalnya berani akan situasi. Berbeda dengan balita yang jarang berenang, ia akan takut pada awalnya saat akan menuju kolam dan terbiasa dalam situasi. Frekuensi yang sering dalam renang akan membuat mental balita berani dan yang sedikit akan membuat ia belajar dari awal lagi.

Baca juga:

renang bisa melatih kondis ifisik dan mental bayi

balita sosialita i

larangan bayi dan balita bersama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: