Skip to content

Dunia Anak Dunia Bermain

October 3, 2013
543704_10151612343093370_1136100822_n

biarkan anak bermain di masa kanak-kanaknya jangan sisipkan dengan belajar berhitung, membaca dan menulis pada usia dini

Saat ini maraknya sekolah dini dan kursus membaca seta berhitung di usia dini kadang membuat kita bersegera untuk menyekolahkan si kecil agar pintar.

Para peneliti dunia telah menegaskan bahwa anak pada usia 0-7 tahun pertumbuhan otaknya belum berkembang dengan sempurna hingga ia berusia 20-25 tahun.

pentingnya bermain secara bebas bagi anak untuk membangun kemampuan mengambil keputusan, berimajinasi, meningkatkan kebugaran, mengembangkan otak serta melatih koordinasi dan sosialisme setiap anak. Jangan sampai saat ia bermain kemudian disisipkan beberapa pelajaran hingga ia merasa tidak menyenangkan.

Dunia mereka di usia 0-7 tahun adalah bermain, bermain dan bermain. Jika masa-masa tersebut sudah kita jejali dengan hal-hal yang kognitif maka ia tidak akan pernah merasakan yang namanya masa kanak-kanak yang identik dengan bermain.

Efek ini bisa kita lihat setelah usia anak mencapai usia 20 tahun ke atas yaitu perilaku mereka bukan berkembang dewasa malah akan membuatnya seperti anak kecil. Manja, sering mengurung diri dalam kamar dan berperilaku layaknya anak-anak. Karena sebelumnya mereka kurang puas dengan masa kanak-kanaknya.

Disaat usia belia tersebut kita hanya perlu mengajaknya bermain karena dengan bermain pun akan melatih otak secara perlahan tanpa dikejutkan dengan angka-angka dan huruf dengan menghafal secara paksa.

Hal yang perlu kita ketahui agar kita tidak salah asuh dengan tidak memarahinya, tidak mengajarkan membaca dan menulis, menghitung sejak dini. Cukup ajak mereka dengan bermain seperti memahami bahasa tubuh, suara, wajah agar memberi pengalaman emosional, mendengarkan musik, dan membacakan dongeng.

Ajak mereka bermain dengan suara dan memahami wajah di sekitar itu sudah cukup karena diusia 0-12 tahun pendidikan dan pengasuhan untuk membangun emosi, empati secara tepat.

baca juga:

mendonggeng bisa mempengaruhi prestasi anak

From → Anak, Perkembangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: