Skip to content

Vernix

September 17, 2013
vernix

vernix akan terlihat setelah bayi dilahirkan, berwarna putih melekat pada kulit bayi zat ini yang melindungi bayi dari air ketuban

Vernix merupakan zat putih seperti lilin dan menyerupai keju, zat ini akan ditemui pada bayi yang baru lahir di sekujur tubuhnya.

Vernik dikenal juga sebagai vernix kaseosam, mulai berkembang dalam rahim sekitar 18 hingga 20 minggu pada bayi sampai ditumbuhi lanugo.   

Tingkat penurunan lapisan ini saat kehamilan ibu semakin membesar dan mendekati masa kelahirannya. Bayi yang dilahirkan pada usia 40 minggu akan memiliki vernix dalam jumlah sedikit.

Sedangkan bayi yang dilahirkan secara prematur akan memiliki lapisan putih lilin yang tebal. Karena vernix akan hilang secara perlahan saat kehamilan ibu mulai membesar dan mendekati masa kelahiran bayi.

Biasanya saat dilahirkan vernix akan buru-buru dibersihkan dan ada pula yang membiarkannya hingga hilang dengan sendirinya dan akan mengelupas seperti berganti kulit.

Fungsi dari zat putih lilin ini untuk melindungi janin dari cairan ketuban, sebagai pelembab kulit agar tidak terjadi kerusakan. Selain itu memiliki sifat antibakteri yang dapat mengurangi kerentanan terhadap infeksi. Pelapis ini juga dapat membantu pengeringan pada kulit bayi.

Saat bayi mulai lahir kita bisa memperhatikannya sebelum di lap atau dibersihkan, vernix ada pada kulit bayi terutama pada bagian-bagian lipatan tangan, kaki, ketiak, telinga dan bagian yang memiliki tempat mengendap.

Baca juga:

ada lanugo pada bayi yang baru lahir

kelenjar air mata pada bayi

3 tanda bayi lapar

mengenali bayi jika menangis

penyebab bayi terbangun di malam hari

Sumber:

http://www.wisegeekhealth.com/what-is-vernix.htm

http://pregnancy.about.com/od/physicalattributes/ss/What-A-Newborn-Baby-Looks-Like_3.htm

From → Bayi, Bayi Baru Lahir

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: