Skip to content

Baby Blues Karena ASI

September 16, 2013
baby blues

terkadang kita merasakan kebingungan saat berhadapan dengan bayi yang kita miliki, terlebih saat ia menangis terus menerus

Melahirkan dan menyusui merupakan hal terindah bagi seorang ibu, kita bisa merasakan kebahagiaan begitu melihat wajah sang buah hati saat berada di ruang inap atau ruang melahirkan. Semua terasa plong dan lega, perut kempes setelah melahirkan.

Setelah berada di rumah kita langsung bisa melihat dan menyaksikan tingkah si bayi sambil menyusui. Tapi bagi kita yang baru saja memiliki anak pertama rasa nervous, gugup dan kagok dialami dengan sendirinya. Istilah ini bisa dikenal dengan baby blues. Rasa ini akan muncul setelah melahirkan saat menimang, menyusui dan mendengar si bayi menangis terus menerus.

Suara tangisan bayi yang tidak terbiasa kita dengar akan membuat kita merasa iba dan tak tau harus berbuat apa, meski telah disusui. Dalam kondisi ini akan membuat kita binggung dan bisa menangis. Bahkan membuat mental kita ciut dan beranggapan bahwa “ASI yang kita miliki terasa kurang”.

Jika sudah begini keyakinan kita sendiri yang bisa menguatkannya kembali bahwa kita mampu merawat dan memberikan ASI tanpa harus dicampur dengan susu formula.

Yakinlah ibu bahwa kita mampu memberikan ASI eksklusif di awal kelahirannya. Jangan terpengaruh oleh tangisan bayi, merasa ASI yang ia konsumsi kurang itu adalah sebuah sugesti hati. Dan akan membuat kita berkecil hati hingga beralih pada susu formula.

Dengan hati yang rileks, santai serta yakin bahwa kita bisa dan mampu menyusui. Dan kondisi ini pula akan mempengaruhi pasokan ASI yang kita miliki. ASI tidak akan habis selama kita mau menyusui secara terus menerus.

Baca juga:

menyusui diantara niat pesimis dan malas

untung praktis yang mana

manfaat asi bagi bayi menyusui bagi ibu

manfaat asi

7 tips sukses menyusui

asi pun mengandung bakteri baik

perlukah suplemen untuk meningkatkan asi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: