Skip to content

Menyusui Diantara Niat, Pesimis, Dan Malas I

September 13, 2013
Menyusui diantara niat, pesimis dan malas

jangan pernah menyerah dengan keadaan saat menyusui

Menurut saya Menyusui merupakan kegiatan yang wajib dan harus oleh seorang ibu dalam kondisi sehat agar keduanya mendapatkan keuntungan kesehatan.

Banyak persiapan mental yang harus kita hadapi dikala bayi telah kita lahirkan, kita tidak boleh grogi hingga berujung stress.

Jika dari awal kita telah berniat bulat untuk menyusui anak kita hingga 2 tahun misalnya maka, niat tersebut harus kita kukuhkan dengan usaha. Pastinya dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan mineral terutama seperti sayuran dan buah.

Di awal menyusui kita harus bersabar sebab ASI yang kita keluarkan memang sedikit, saat itu colostrum keluar dengan jumlah yang tidak banyak untuk kekebalan tubuh bayi.

Kesabaran kita diuji oleh tangisan bayi dengan air susu yang tidak banyak, kita harus tetap berusaha dengan bantuan bayi agar terus mengkonsumsi dan menghisap ASI yang kita miliki untuk memperbesar pori-pori pada daerah areola hingga ASI lancar.

Dalam kondisi ini terkadang ada diantara kita sudah ada yang menyerah dengan suara tangisan bayi secara terus menerus dan ASI yang keluar hanya satu-dua tetes, akhirnya ia memberikan susu formula karena tidak tega. Bahkan ada yang tidak sanggup atau malas untuk menyusui bayinya karena ketidak sabaran hal tersebut hingga akhirnya beralih pada susu formula.

Bayi akan bertahan hingga tiga hari tanpa diberikan ASI setelah kelahirannya, jadi jangan gentar dengan tangisannya. Dari kesabaran pasti akan membuahkan hasil. Hal ini akan terlihat setelah 4-5 hari ASI yang kita produksi mulai banyak hingga membasahi baju yang kita kenakan. Meski di hari sebelumnya bayi hanya mengkonsumsi sedikit colostrum

Kita tau dan paham akan kesehatan, kesehatan bayi akan berawal pada diri kita, apakah kita mampu memberikan kesehatan dengan colostrum dan ASI yang kita miliki saat itu maka insyallah di kemudian hari ia akan sehat dan kebal terhadap penyakit.

Jika memang anak kita ingin sehat maka berikanlah yang terbaik dari kita dengan ASI dengan niat, usaha dan kesabaran. Biarkan bayi menangis disaat ia hanya mengkonsumsi colostrum dan biarkan terus menghisap sebagai pancingan agar ASI keluar dengan deras.

Baca juga:

kandungan dalam kolostrum

asipun mengandung bakteri baik

mengapa menyusui itu penting

manfaata si bagi bayi menyusui bagi ibu

menyusui satu jam setelah lahir menghindari kematian bayi

From → Ibu, Menyusui

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: