Skip to content

Terlena Saat Bayi Mulai Belajar Makan

September 7, 2013
IMG01083-20130903-1353

ASI yang didapat hanya 50 ml saja jika kita lengah dengan kegiatan baru bayi hingga lupa waktu memerah dan waktu menyusui bergeser

Saat bayi berusia enam bulan memang saat yang kita tunggu-tunggu untuk memperkenalkan makanan padanya terutama sayuran dan buah.

Kita langsung asik dan sibuk memikirkan menu apa selanjutnya untuk si kecil. Sibuk membuat makanan pendamping hingga menyuapi bahkan mencuci semua perlengkapan bayi sesudahnya. Jika sudah begini waktu akan terlewatkan begitu saja hingga lupa untuk memerah ASI.

Karena diusia tersebut produksi ASI masih sangat produktif ย saat waktunya memerah akan hilang hingga akhirnya kita memberikan langsung pada bayi.

Padahal kita bisa memiliki dua kesempatan sekaligus yaitu memerah terlebih dahulu dan menyusui kemudian. Waktu menyusui akan bergeser seiring kegiatan bayi dan volume perahan akan berkurang 50-100 ml. Sangat disayangkan bukan?

Jika sudah begini kita butuh pendamping untuk membantu sang bayi beraktifitas agar kita bisa memerah beberapa menit. Suami adalah orang yang tepat untuk menemani sang bayi saat itu agar tidak terlalu rewel jika kita tinggalkan sebentar.

Bagaimana jika bayi mulai beranjak satu tahun? Lampu kuning mulai diberikan pada ibu menyusui agar tetap waspada karena diusia ini bayi mulai tumbuh gigi dan banyak membutuhkan pasokan ASI. Sebab beberapa dari bayi saat mengalami pembengkakan pada gusi akibat tumbuhnya gigi, ia akan sulit makan dan sedikit rewel bahkan rewel. Jika sudah begini yang ia butuhkan hanyalah susu agar tidak terlalu lapar.

Bagaimanapun kondisi dan keadaannya kita harus tetap memerah dan menyusui, jangan sampai ASI yang kita miliki kejar tayang untuk sang bayi. Jangan pernah terlena oleh keadaan, meski bayi telah mengkonsumsi makanan tapi ia masih sangat banyak membutuhkan ASI pula.

Baca juga:

pentingnya sayuran dan buah bag ibu menyusui

menjadi ibucer das

7 tips sukses menyusui

perlukah suplemen untuk meningkatkan asi

management asip

memerah menyimpan menggunakan asip

From → ASI

One Comment
  1. demonika permalink

    ternyata asis itu penting ya
    kalau bayi engga di kasih asi itu gimana ya ?

    kunjungin balik ya http://www.kursusmembuatgame.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: