Skip to content

ASI Yang Bersemi

September 6, 2013
IMG01081-20130903-1351

menyusui, memerah dan mengkonsumsi sayuran dan buah merupakan kunci sukses ibu menyusui

Bagaimana kondisi dan volume ASI ibu saat ini? Apakah volumenya stabil atau menurun?. Mari kita cek  volume yang kita dapatkan sampai hari ini.

Di awal usia bayi hingga enam bulan kita bisa menghasilkan ASI perahan 6-8 botol bahkan lebih hingga belasan (tergantung kondisi pribadi masing-masing) .

Saat itu produksi ASI akan terus meningkat, makin kita perah makin banyak pula hasilnya dan makin kita sering menyusui hasilnya akan berproduksi terus ASI yang kita miliki. Jadi jangan takut untuk habis pada saat kita menyusui.

Usia bayi enam bulan kita mulai memperkenalkan Makanan pendamping ASI (MPASI) ia mulai belajar merasakan makanan seperti sayuran dan buah. Sang bayi mulai asik dengan makanannya untuk menguji lidah dan gusinya.

Waktu menyusui mulai berkurang karena ia asik dengan dunia barunya, waktu menyusui sedikit bergeser dan berkurang 1% hingga 5% karena ia mudah kenyang dengan makanannya.

Saat itu kita tidak boleh lengah karena akan mempengaruhi produksi ASI pula. Tetaplah menyusui, jika sang bayi belum mau kita bisa memerah dan akan tetap menambah pasokan ASI dalam kulkas.

ASI yang kita dapatkan saat bayi berusia 6 hingga 9 bulan bisa mencapai 4-6 botol bahkan lebih (tergantung kondisi pribadi masing-masing) , dengan volume perbotol 100ml.

Menginjak usia satu sampai satu tahun setengah gusi bayi mulai menampakkan giginya dan makin banyak jenis makanan yang ia rasakan. Menyusui pun makin berkurang, ia akan menyusu sambil bermain bahkan berjalan-jalan sambil menghampiri sang ibu. Tidak bisa anteng saat menyusu di usia setahun ini karena dunia bermain mulai ia rasakan dengan belajar merangkak dan berjalan secara perlahan.

Kondisi ini akan membuat kita asik masuk ke dalam dunia bayi karena kita sibuk membimbingnya bermain, berdiri dan berjalan. Pasokan ASI pun makin berkurang kita bisa menghasilkan 2 hingga 4 botol ASI perharinya (bisa kurang bahkan lebih) tergantung akan kondisi masing-masing.

Hingga usia bayi dua tahun kita bisa mempertahankan pasokan ASI hingga 4 botol perhari. Bagaimana cara mempertahankannya? tetap menyusui, memerah dan mengkonsumsi sayur dan buah serta makanan bergizi agar ASI terus bersemi. Saat berbelanja, jalan-jalan dan ngantor kita harus tetap memerahnya. Jangan lengah tetap berjuang.

Baca juga:

memerah menyimpan menggunakan asip

management asip

daftar mall jadotabek yang menyediakan ruang laktasi

asi dalam tradisi

From → ASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: