Skip to content

Salah Satu Penyebab SIDS Adalah Sorotonin

September 4, 2013

IMG00485-20120923-0825

Serotonin merupakan sebuah hormon, bisa disebut juga dengan neurotransmitter hormonal yang berhubungan dengan fungsi vital tubuh termasuk siklus tidur pada bayi.

Salah satu penyebab bayi meninggal secara mendadak (SIDS) adalah rendahnya hormon serotonin yang dimiliki oleh sang bayi.

Menurut Dr Rachel Y. Moon, seorang dokter anak, peneliti SIDS,  Pediatrics Medical Center Anak dan Kesehatan Masyarakat di Goldberg Washington DC, menyatakan bahwa Serotonin bisa menghambat kemampuan bayi tidur untuk bangun maka keamanannya akan terancam dengan kekurangan oksigen.

Sedangkan Laura Reno, wakil presiden publik Candle meneliti, bahwa ia percaya ada beberapa jenis cacat lahir yang mengarah ke defisit serotonin pada beberapa bayi. Defisit serotonin diduga menyebabkan bayi untuk tidak memiliki sebuah ‘alarm ‘ ketika mereka menjadi pertanda berada di ambang bahaya.

SIDS bayi juga memiliki tingkat 22 persen lebih rendah dari hidroksilase triptofan, enzim yang membantu membuat serotonin. Ketika bayi tidur nyenyak namun sulit untuk bangun dengan kadar sorotonin yang rendah maka hal inilah yang menyebabkan bayi tiada.

Sudden infant death syndrome (SIDS)  adalah penyebab utama kematian bayi usia 1 bulan sampai 1 tahun. Menurut US National Institutes of Health, sebagian besar kematian SIDS terjadi antara usia 2 bulan dan 4 bulan dan lebih dari 2.200 bayi di Amerika Serikat meninggal karena SIDS setiap tahun.

Kematian mendadak tidak dapat dijelaskan, bahkan setelah otopsi bayi dan kesehatan mereka terakhir. Karena sebagian besar kematian tersebut terjadi saat bayi tertidur yang mengarah pada hormon sorotonin.

Baca juga:

asi kurangi resiko kematian bayi mendadak

bantal bisa mencegah sids pada bayi

dot bisa menghindari sids

From → Bayi, Kesehatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: