Skip to content

Hati-Hati Bayi Bisa Sebagai Perokok Pasif

September 2, 2013
pangku1

pakaian dan kulit pada seseorang yang mengidap asap rokok dan nikotin akan dihirup pula oleh sang bayi yang bisa menyebabkan racun baginya.

Penelitian di California menunjukkan bahwa bayi yang tidur dengan seorang perokok baik sebagai orang tuanya atau siapa pun akan memiliki 3x lipat nikotin dibanding dengan bayi yang tidur terpisah.

Meski bayi tidak terkena asap rokok secara langsung namun racun rokok bisa dihirup melalui pakaian, bantal, sofa, selimut, tempat tidur dan lain lain yang digunakan sebelumnya oleh seorang perokok.

Benda-benda tersebutlah sebagai penghantar racun. Karena bayi merupakan korban ketiga sebagai perokok pasif. Di negara maju salah satu penyebab kematian bayi adalah sebagai perokok pasif menurut Guadalupe Ortega.

Kita sebagai orang tua harus memperhatikan kondisi ruangan, pakaian yang kita kenakan apakah tercium asap rokok atau bau nikotin yang hinggap di kulit agar tidak terhirup pula oleh bayi.

Dari sini peneliti bisa menganalisis dari sampel rambut bayi apakah mengandung nikotin atau tidak.

Jika rambut bayi mengandung nikotin maka kita bisa mengecek riwayat orang tua tersebut sebagai perokok pasif atau aktif. Yuk, kita cek apakah sang ayah seorang perokok?. Karena kesehatan kita dan orang-orang yang kita sayangi berawal dari diri kita juga.

From → Bayi, Kesehatan

One Comment

Trackbacks & Pingbacks

  1. Pengetahuan Kesehatan, Perlu | olalababies

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: