Skip to content

Warna Pink Pada ASI

August 26, 2013
asi pink

salah satu penyebab asi berwarna pink adanya luka pada daerah areola

Selain makanan yang kita konsumsi, bakteri, inveksi, mastitis, penyumbatan pada payudara di area areola juga bisa menyebabkan ASI berubah menjadi warna pink, mengapa demikian?.

Ada beberapa penyebab, antara lain terjadinya peyumbatan pada saluran menuju puting yaitu terjadinya luka berupa gumpalan kecil halus berwarna putih menyerupai isi jerawat dengan tekstur yang lebih lembek.

Pada saat menuju saluran puting, ia akan mencoba keluar secara paksa hingga ujung puting berdarah.

Saat inilah kita kurang menyadari, bahwa ASI yang kita peroleh berubah menjadi warna pink karena ASI yang putih bercampur telah bercampur dengan darah darah.

Akibat areola yang terluka dan lecet. Jika sudah begini kita bisa langsung memompa ASI pada payudara berikutnya dan biarkan luka pada payudara sebelumnya mengering terlebih dahulu.

Lalu bolehkan kita memberikan ASI tersebut untuk bayi kita? Selama dalam jangka waktu kurang dari 2 jam kita masih bisa memberikannya tanpa disimpan dalam lemari es dahulu, jadi sifatnya wajib dan langsung diberikan pada bayi dan tidak boleh disimpan.

Bila kita mau pengobatan yang alami puting maka luka tersebut bisa diolesi dengan ASI yang kita miliki pula. Dan bila kita tidak tahan akan rasa perihnya kita bisa membeli lotion khusus berbahan dasar lanolin jika tertelan bayi tidak berbahaya. Luka ini akan sembuh 1×24 jam lamanya.

Baca juga :

warna warni asi

komposisi foremilk dan hindmilk

From → ASI

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: