Skip to content

Komposisi Foremilk Dan Hindmilk

August 21, 2013
foremilk and hindmilk

warna foremilk dan hindmilk akan terlihat karena kadar lemak yang rendah dan tinggi (sumber ilustrasi breast feeding-problem)

Setelah melahirkan, tugas kita selanjutnya adalah menyusui. Saat menyusui ini kita akan bertanya-tanya air susu yang kita keluarkan mengapa bening.

Air susu yang kita miliki (ASI) saat itu akan mengeluarkan cairan yang bernama  foremilk dan hindmilk. Foremilk merupakan air susu yang dikeluarkan di awal menyusui diakhir proses menyusui bisa disebut juga dengan susu awal. Sedangkan hindmilk yang bisa disebut juga dengan susu akhir merupakan ASI yang diproduksi pada akhir proses menyusui.

Saat itu Foremilk diproduksi dalam jumlah banyak dengan kandungan protein, laktosa, mineral dengan kadar yang mencukupkan dan memiliki kadar lemak yang rendah yaitu 1-2gr/100ml.

Dan hindmilk diproduksi dalam jumlah yang minim namun memiliki kadar lemak yang tinggi mencapai 2-3 kali lipat dibandingkan dengan Foremilk. Dari perbandingan ini akan terlihat pada warna ASI yaitu Foremilk terlihat berwarna kebiruan karena kadar lemak yang rendah. Sedangkan hindmilk terlihat lebih putih cendrung kekuning-kuningan seperti creemy karena kadar lemak yang tinggi.

hindmilk akan memberikan banyak energi pada bayi hingga menimbulkan rasa kenyang yang lebih tahan lama. Sementara Foremilk mampu memenuhi kebutuhan bayi akan mineral sehingga ia tidak membutuhkan air minum lagi meski dalam kondisi tropis.

So pasti keduanya sangat dibutuhkan oleh bayi mineral dan lemaknya. Di awal menyusu bayi akan menghilangkan rasa dahaganya dan di akhir menyusu ia akan merasakan kenyang dengan hindmilk yang kita miliki.

Baca juga :

isi asi

perubahan asi

persentase asi pada manusia

enzim lipase amilase pada asi

kandungan dalam kolostrum

From → ASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: