Skip to content

Perubahan ASI

August 14, 2013

perubahan asiKita telah mengetahuinya bahwa ASI yang muncul di awal kelahiran bayi disebut dengan kolostrum.

Namun seiring berjalannya waktu kolostrum ini akan berubah dari kekuning-kuningan menjadi putih kental selayaknya air susu. Kolostrum ini akan bertahan selama 5-8 hari lamanya kemudian akan berganti warna menjadi putih.

Komponen ASI ini akan berubah pula sesuai dengan berbagai faktor yaitu makanan yang dikonsumsi kita, diet, dan cara melahirkan bayi tersebut. Jika dilihat dari makanan, haruslah mengandung mineral dan protein seperti sayuran, buah dan lauknya.

Bila kita sudah melakukan diet agar kurus kembali maka hal inilah yang sangat disayangkan. Sebab tanpa diet pun kita bisa kurus dengan sendirinya karena lemak yang kita miliki dalam tubuh akan dikonsumsi oleh sang bayi.

Dan Bagaimana cara melahirkan caesar atau normal?. Biasanya ibu yang melahirkan secara normal ia akan lebih banyak memiliki ASI dibanding ibu yang memilih caesar terencana.

ASI akan dirilis saat bayi telah lahir dan mulai dikonsumsinya berupa kolostrum. Dengan kadar immunoproteins terbesar seperti laktoferin dan IgA. Kolostrum yang berwarna kuning ini mengandung β-karoten yang sangat dibutuhkan oleh bayi. Saat itu kandungan lemak yang merupakan sumber energi yang penting untuk perkembangan otak dan meningkatkan kekebalan tubuhnya.

Setelah ± 5-10 hari ASI tersebut akan berubah warna dengan kadar protein yang lebih rendah dah kadar laktosa lebih tinggi. inilah ASI yang sesungguhnya. Dari warna kekuning-kuningan hingga berubah menjadi putih merupakan sebuah keajaiban dari Allah SWT. Subhanallah.

Baca juga:

kandungan dalam kolostrum

asi pun mengandung bakteri baik

manfaat asi

persentase asi

isi asi

perlukah suplemen untuk meningkatkan asi

melihat lebih dekat tentang asi

dua bagian pada asi

 

From → ASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: