Skip to content

Persentase ASI

July 31, 2013
persentase asi 1

Tabel pesentase air susu berdasarkan Shuici Ueno 1997 ilmu asi.

Menurut referensi Shuichi Ueno, 1997, Ilmu ASI, P19 menjelaskan bahwa ASI yang diproduksi oleh manusia memiliki takaran yang pas dan tidak ada yang bisa mengantikannya oleh susu lainnya baik formula maupun susu ternak.

ASI yang kita miliki, memiliki kandungan laktosa dengan kadar yang tinggi dan rendah protein. Mengapa demikian? karena laktosa merupakan zat pembagun sebagai sumber energi untuk bayi agar mudah dicerna.

Dengan kadar 7% lebih tinggi dibanding lemak maupun protein. Dan bayi yang baru saja lahir memang sangat membutuhkan laktosa sebagai enzim untuk mencerna ASI.

Bagaimana jika kadar lemak lebih tinggi dibanding laktosa? hasilnya bayi akan lebih cepat gemuk dan sulit diserap oleh usus bayi yang masih mudah diserang bakteri. Karena lemak tidak memiliki enzim untuk menguraikannya.

Berbeda dengan paus yang hidup di dasar laut, bayi paus yang baru lahir sangat membutuhkan lemak dibanding laktosa karena paus hidup pada suhu yang yang dingin.

Bagaimana jika bayi yang baru lahir diberikan susu sapi? Jawabannya tidak bisa karena susu sapi memiliki kandungan protein dan lemak yang cukup tinggi hingga lebih asin dibanding ASI. Unsur tersebut tidak akan bisa dicerna oleh usus bayi.

Jadi jika susu sapi digunakan untuk anak sapi dan ASI hanya untuk bayi manusia. Kita bisa lihat bagan di samping bahwa ASI memiliki takaran yang pas tidak lebih bahkan kurang.

Baca juga :

isi asi

perlukah suplemen untuk meningkatkan asi

dua bagian pada asi

melihat lebih dekat tentang asi

manfaat asi

susu sapi empat kali lebih asin dari asi

From → ASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: