Skip to content

Penggunaan Stroller Bisa Membuat Bayi Stress

July 16, 2013

stroller bisa membuat bayi stress

Menurut seorang psikolog Dr Suzanne Zeedyk menyatakan bahwa kebanyakan bayi yang tumbuh di lingkungan modern cenderung mudah stress dan depresi.

Mengapa demikian? Salah satu penyebab stress tersebut adalah cara penggunaan stroller, yaitu saat membawa bayi berjalan-jalan bayi dihadapkan ke depan.

Dengan posisi ini otomatis bayi akan melihat orang-orang yang berada di depannya secara silih berganti dengan gerakan yang berbeda-beda seperti berjalan, berlari, berbicara, berteriak dan melihat orang-orang di hadapannya sibuk dan berlalu lalang.

Hal inilah yang bisa mengakibatkan bayi tidak fokus mudah kaget dan tegang. Sedangkan ciri-ciri bayi yang mulai stress mereka akan mudah menangis dan sulit jika diajak tersenyum.

Pengalaman ini telah diteliti di Dundee University dan dibahas oleh Profesor Catherine Fowler dari University of Sydney menyatakan bahwa jika bayi berada dalam stroller dengan menghadap ke depan dengan objek yang sibuk ia akan tumbuh menjadi pribadi yang mudah cemas.

Ibaratnya tubuh bayi diikat dan dihadapkan pada situasi yang sibuk hingga menyebabkan ia tegang, ketakutan dan menangis. Dan timbullah rasa ketakutan dan cemas hingga stress pada masa tumbuh kembangnya.

Jadi sang ahli menyarankan agar bayi berada dalam stroller sebaiknya dihadapkan pada orang yang mendorongnya agar ia  bisa fokus dan tidak mudah tegang. Usahakan kita juga mengajaknya berbicara agar ia merasa terhibur.

So, sudah benarkah kita menggunakan kereta bayi? mulai sekarang mari kita rubah posisi penggunaannya demi kesehatan si kecil.

Baca juga:

renang bisa melatih kondisi fisik dan mental bayi

bantal bisa mencegah sids pada bayi

dot bisa menghindari sids

From → Bayi, Kesehatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: