Skip to content

Bantal Bisa Mencegah SIDS Pada Bayi

June 18, 2013
salah satu pencegahan sindrom kematian mendadak pada bayi (SIDS) dengan menggunakan bantal

salah satu pencegahan sindrom kematian mendadak pada bayi (SIDS) dengan menggunakan bantal

Jika bayi terkena Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) penanggulangan pertama adalah memberikannya ASI agar nafasnya bisa kembali normal.

Kedua kita bisa mengurangi Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) dengan imunisasi setelah proses SIDS terlalui.

Dan yang ketiga kita bisa mencegah Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) dengan menggunakan bantal untuk bayi sebagai penyangga jika ia tidur.

Hal ketiga tersebut merupakan rekumendasi dari Dr. Rachel Moon di Medis Nasional Anak Center di Washington DC Amerika Serikat.

Dan jika ingin bayi kita lebih aman jangan membiarkannya bayi tidur di boks di malam hari karena kita tidak tahu apa yang terjadi jika ia tidur sendiri dalam usia dini.

Memang membutuhkan pengawasan tapi apakah kita bisa setiap saat untuk mengawasinya dalam keadaan lelah dan mengantuk saat terlelap di malam hari?.

Ada baiknya jika kita membiarkan bayi untuk tidur di sisi kita agar saat menyusui lebih mudah dan kita lekas terbangun jika merasakan gerak-geriknya.

Untuk pencegahan minimalnya kita harus membaringkan bayi dalam posisi telentang dengan kepala lebih tinggi menggunakan bantal. Karena bantal bisa menghalangi bayi untuk bergerak kearah samping hingga tengkurap secara cepat. Dan tidak tersedak saat ia tidur.

Dan bayi belum memiliki kekuatan otot yang cukup atau keterampilan motorik untuk melemparkan dirinya kembali dari sisi berlawanan dari tempat tidur mereka dengan kekuatan yang cukup untuk menyebabkan cedera. Oleh sebab itu bantal dibutuhkan oleh bayi.

Baca juga:

asi kurangi resiko kematian bayi mendadak

dot bisa menghindari sids

tips menidurkan bayi

6 penyakit ditahun pertama kehidupan bayi

bayi kembar memiliki risiko kematian ditahun pertamanya

From → Bayi, Kesehatan

11 Comments
  1. Reblogged this on _matahari terbit_ and commented:
    peenntiing
    *eh

  2. info yg sngat bermanfaat..

    thx for sharing !

  3. sama-sama semoga bermanfaat

  4. wita permalink

    Kalo bayi tidurnya disebelah kita malah bahaya , gimana kalo tanpa sengaja tertindih kita ? Kan ada kasus bayi meninggal karena tertindih bapaknya saat tidur. Di box tapi boxnya dekat kita, itu lebih aman

    • dalam box kita malah tak tahu apa yang terjadi bila kita terlena dalam mimpi. sebaiknya hindarkan box karena kebanyakan SIDS yang terjadi Di negara lain karena terpisahnya bayi dari induknya entah ia tengkurep tanpa bisa kembali berguling dan menelentangkan kepalanya atau pergerakan yang membuat selimut atau benda-benda lain menutupi wajah. Bila kasus tertindih oleh kita, kitanyalah yang harus berhati-hati kan biasanya sang ibu atau ayah bisa mengingatkan satu sama lain. so dekat kita bayi akan lebih aman. (bisa menonton refrensi di biografi tentang kematian mendadak pada bayi) kisah nyata seorang ibu yg kehilangan 4 anaknya karena SIDS keempatnya biasa tidur di box.

      memang terkadang benda-benda yang bilang bagus dan modern ini dibilang aman padahal kita malah membuat perasaan ibu dan bayi satu sama lain kurang menyatu. Selain soal keselamatan kita bisa mempertimbangkan soal perasaan keduanya. pastinya kita makin paham dengan gerakan, getaran dan suara si kecil jika berada di samping kita. kita bisa mengontrol dari getaran ketika ia berdehem atau suara orokannya, gerakannya pun terasa di permukaan kasur yang sama dan suaranya akan terdengar jelas di telinga. Semoga bisa lebih dekat dan menyatu dengan buah hati kita.

Trackbacks & Pingbacks

  1. Penggunaan Stroller Bisa Membuat Bayi Stress | olalababies
  2. Susu Dapat Mengatasi Dehidrasi | olalababies
  3. Salah Satu Penyebab SIDS Adalah Sorotonin | olalababies
  4. Cepat Dan Tepat | olalababies
  5. Kolik | olalababies
  6. Shaken Baby Syndrome | olalababies

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: