Skip to content

Melihat ASI Lebih Dekat

June 12, 2013

mineral pada asiTaukah bunda? bahwa makanan yang kita konsumsi saat menyusui bisa terlihat dari ASI yang kita miliki.

Saya mencoba meneliti san membandingkan ASI yang saya miliki dengan membiarkan sisa ASI yang telah dikonsumsi oleh anak saya selama beberapa hari.

Dan hasilnya bisa terlihat pada foto di samping. Kandungan mineral yang terletak pada bagian bawah  hampir bening, berwarna kuning dan cenderung cair dengan jumlah yang tidak sebanding dengan bagian atasnya.

Sedangkan pada bagian atas merupakan sumber protein dari ASI dengan tekstur kental dan berwarna kuning cenderung menggumpal dengan jumlah ¼ dari bagian cairnya.

Mengapa demikian? karena makanan yang saya konsumsi pada saat itu seperti sayuran, buah, air mineral/air putih jumlahnya sangat banyak hingga menjadi mineral pada bagian ASI yang terlihat dalam foto.

Sedangkan protein seperti ikan, daging, atau telur yang saya konsumsi pada saat itu juga jumlahnya minim hingga tak sebanding dengan mineralnya. Alhasil ASI yang saya miliki saat itu cair dengan kandungan protein dan lemak yang minim.

Mengkonsumsi protein dan lemak memang sangat penting bagi ibu menyusui agar protein dan gizi yang diambil oleh bayi bisa terpenuhi. Sayuran yang kita konsumsi pun harus dan wajib hukumnya bagi kita yang sedang menyusui bayi agar kebutuhan mineral dalam ASI terus berproduksi.

Antara Protein,lemak dan Mineral  harus dikonsumsi dalam nilai yang sama dan seimbang agar hasil ASI tidak cair. Sayuran dan lauk pauknya sangatlah penting demi kebutuhan sang buah hati.

Jadi jangan segan-segan untuk mengkonsumsi makanan bervitamin, berprotein dan bermineral agar kandungan ASI tetap kental dan bayi pun tetap sehat, kuat dan cerdas.

Baca juga:

efek jika asip tidak dihangatkan

menghangatkan asi perahan

cara mencairkan dan menyajikan asip

memerah menyimpan menggunakan asip

management asip

From → ASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: