Skip to content

Dot Bisa Menghindari SIDS

June 4, 2013
salah satu sisi positif bayi menggunakan dot

Dengan dot bayi bisa meningkatkan kontrol jantung hingga mengatur detak jantung pada bayi

Menurut penelitian salah satu penyebab SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) atau sindrom kematian mendadak yaitu gagalnya sang bayi dari bangun tidur nafas akan berhenti secara mendadak dan tekanan darah akan turun drastis.

Profesor Rosemary Horne mencoba membantu dengan menggunakan dot atau bisa disebut juga dengan dot pada bayi yang sedang tidur dan akan bangun tidur.

Isapan bayi pada dot dapat membuat mereka lebih mudah untuk bangun dari tidur dan  meningkatkan kontrol jantung hingga mengatur detak jantung.

Secara rinci, bayi yang baru lahir jika diberi dot akan memiliki risiko minim meninggal akibat sindrom kematian mendadak. Karena kehadiran dot yang bisa mengontrol detak jantung sang bayi.

Selain itu, peneliti dari Monash Institute of Medical Research, Clayton menemukan bahwa perlindungan dot masih akan dirasakan ketika dot tidak dalam mulut bayi saat tidur. Bayi akan menggerak-gerakkan bibir dan mulutnya saat tidur secara perlahan dan berkesinamungan.

Penelitian ini pun dilakukan pada 37 bayi sehat ketika mereka tidur di siang hari. Dan hasilnya bayi yang menghisap dot memang memiliki denyut jantung yang berirama dan ini menandakan bahwa sistem jantung merespon tekanan darah pada bayi.

Akan tetapi menyusui bayi tetaplah yang terbaik dan dot pun hanya media pembantu saja. Dengan begitu dot memiliki sisi positif.

baca juga :

dot bayi menjadi sumber kuman dan jamur

6 penyakit ditahun pertama kehidupan bayi

bayi kembar memiliki risiko kematian ditahun pertamanya

From → Bayi, Kesehatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: