Skip to content
Tags

Setahun Bersama ASI

June 3, 2013
Dengan ASI semua sehat

Dengan ASI semua sehat

Satu tahun telah berlalu setelah 26 Mei 2012 lahir putra kami yang pertama bernama Rayan Daanish Affandi.

Dengan tekat yang bulat saya berjanji akan memberikannya ASI secara eksklusif. Dan janji tersebut telah terpenuhi selama satu tahun lamanya.

Bekerja full time pada pada sebuah perusahaan merupakan aktivitas saya sehari-hari. Memberikan ASI saat bekerja sangatlah berat bagi ibu bekerja kita harus streng terhadap waktu memompa.

Setelah sarapan, makan siang dan sebelum pulang bekerja saya harus memompa ASI, karena sesampainya di rumah saya harus menyetornya pada pada bos Rayan untuk dikonsumsi di hari berikutnya.

Terkadang rasa malas menghampiri untuk memompa, akan tetapi hal tersebut akan hilang ketika saya membayangnkan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk memberikan susu formula pada anak.

Hanya dengan waktu 15 menit saya bisa mengeluarkan ASI. Sifatnya harus dan tidak bisa ditunda jika tidak kita bisa merasakan sakit di area payudara. Daripada saya harus mengeluarkan uang untuk membeli susu formula tiap bulannya.

Selama 6 bulan sebelumnya saya tidak pernah sedikitpun memberikan susu tambahan lainnya karena hanya ASI yang terpercaya. Berat badan Rayan selama 6 bulan akan bertambah 2-4 kg selama satu bulan secara berkesinamungan.

Dan 6 bulan berikutnya kenaikan berat badannya naik terus 1-2 kg dengan mengkonsumsi makanan pendamping ASI+ASI. Saat berumur satu tahun ini ia memiliki berat 11 kg. Selama satu tahun ini rayan hanya mengalami batuk pilek beberapa kali dan akan sembuh dengan sendirinya dengan jangka waktu paling lama 2 minggu.

Karena obat batuk dan pilek hanyalah ASI, terus memberikannya ASI akan membuat lendir pada hidung dan tenggorokan mencair dan memuntahkannya akan membuang lendir tersebut.

Sedangkan Efek ASI bagi saya, berat badan selama satu tahun kelahirannya normal kembali di 47kg setelah bobot saya naik 20 kg. Mudah bukan menurunkannya hanya dengan memberikan ASI pada bayi dan tidak perlu berdiet ria. Karena dengan menyusui merupakan diet yang paling ampuh.

Jika kita ingin sehat maka kita harus mengeluarkan ASI. Dan jika bayi kita ingin sehat maka cukuplah berikan ASI padanya.  Jika kita ingin irit pun harus memberikan ASI pada anak kita. Selamat berjuang untuk sang buah hati.

From → Komunitas ASI

One Comment

Trackbacks & Pingbacks

  1. Two Years Of Breastfeeding | olalababies

Leave a Reply

