Skip to content

Mitos Tentang Popok

May 15, 2013
popok kain tetap yang ternyaman untuk bayi

popok kain tetap yang ternyaman untuk bayi

Popok merupakan penutup daerah kemaluan dan bokong pada bayi.

Bentuknya sangat praktis hanya perlu ikatan pada bagian perut agar mudah dipakai dan dilepaskan mudah untuk dicuci dan mudah untuk dikeringkan tidak seperti celana.

Kita perlu tahu bahwa popok yang terbuat dari kain memang masih yang ternyaman buat bayi.

Selain lembut efek dingin dan adem terkandung dalam tekstur kain tersebut.

Namun seiring berjalannya waktu dan masa popok kain mulai tergeser oleh popok pempers sekali pakai. Dan berbagai mitos pun muncul tentang popok di masa sekarang.

Kuno
Siapa bilang popok kain kuno? Popok kain merupakan popok tradisional yang lahir dikalangan ibu-ibu pada zamannya. Bahan dan motif popok akan terus berganti dari masa ke masa.

Jika dulu menggunakan popok yang terbuat dari kain jarik atau selendang tapi sekarang popok kain terbuat dari bahan kaos dan bahan katun.

Berbekas
Jangan pernah berfikir jika popok yang terbuat dari kain menjijikkan. Terkadang jika bayi buang air besar bisa berbekas pada popok meski telah dicuci.

Ini hanya masalah bersih atau tidaknya jika kita membersihkan kotoran bayi. Jika kita langsung membersihkan popok setelah terkena kotoran bayi makan tidak akan berbekas.

Setelah pemakaian beberapa kali dan pencucian beberapa kali bekasnya pun akan hilang. Pilihlah popok yang berbahan kaos agar mudah dibersihkan dan tidak berbekas.

Popok plastik lebih nyaman
Meskipun popok plastik terbuat dari bahan-bahan alami namun popok masih menyimpan bahan kimia di dalamnya. Jika digunakan terus-menerus, hal ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit lembut bayi dan terjadi ruam popok.

Sulit untuk tidur sambil mengenakan popok kain
Sebenarnya kita tidak perlu menempatkan popok ketika bayi sedang tidur. Sebaliknya, membiarkan bayi tidur di kain lembut yang dapat menyerap keringat dan urin dengan benar seperti selimut berbahan handuk tebal.

Popok kain boros
Setiap buang air kecil popok bayi harus diganti setiap saat. Popok kain dapat digunakan kembali, karena kita hanya perlu mencucinya. Sedangkan popok plastik hanya digunakan sekali dan relatif mahal.

Jika popok kain boros dalam mencucinya maka popok plastik akan boros dalam keuangan kita. Dan pengeluarannya pun sangat jauh berbeda.

Pekerjaan akan lebih banyak
Saat ini kita sedang memulai menjadi seorang ibu, jangan pernah mengeluh tentang pekerjaan yang menumpuk. Nikmati setiap pekerjaan di rumah bersama bayi kita. Nah, jika kita benar-benar mencintai bayi, maka pekerjaan mencuci popok tidak akan berat.

Tetaplah bersemangat menjadi seorang ibu nikmati setiap jengkalnya. Selamat menjadi seorang ibu.

Baca juga:

6 penyakit ditahun pertama kehidupan bayi

cara mengganti popok

menjadi ibu cerdas

From → Bayi, Perawatan Bayi

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: