Skip to content

Dengan ASI Bayi Yang Terlahir Prematur Bisa Terselamatkan

May 13, 2013
dengan ASI bayi pun bisa terselamatkan

dengan ASI bayi pun bisa terselamatkan

Penelitian terbaru dari University of Pittsburgh menyatakan bahwa bayi yang terlahir secara prematur bisa terselamatkan dengan ASI.

Karena bayi prematur akan berhubungan dengan penyakit yang terdapat dalam usus bayi.

Ciri dari penyakit tersebut yaitu pada usia bayi 10 hari bayi akan muntah dalam jangka waktu beberapa hari kemudian perutnya akan kembung dan berubah warna hingga kekuningan.

Ini akan berhubungan dengan penyakit kuning. Dan dalam kurun waktu yang sangat cepat usus bayi tidak bisa berfungsi dan bisa mengakibatkan bayi meninggal.

Sekitar satu dari setiap 14 bayi yang lahir prematur di Amerika Serikat dan Kanada menderita necrotizing entercolitis (NEC), suatu penyakit yang menyebabkan jaringan usus hancur.

Penelitian sebelumnya telah menyebutkan bahwa ASI mampu mengurangi risiko NEC dalam kondisi prematur bayi. Namun dalam banyak kasus, ASI sulit didapat, sehingga bayi hanya diberi  susu formula.

Dr Hackam beserta tim peneliti lainnya menemukan bahwa komponen ASI terkait dengan bakteri dalam usus bayi. Sementara itu, bayi lahir tanpa bakteri. Sehingga untuk merangsang koloni bakteri, ASI dari ibu ke bayi diperlukan.

Karena ASI makanan pertama yang harus diberikan pada bayi dan bermanfaat bagi kehidupannya. Karena komposisi ASI sangatlah pas tidak kurang bahkan tidak berlebih.

baca juga:

bilirubin

From → ASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: