Skip to content

6 Hal Yang Paling Sering Dilakukan Oleh Anak

May 6, 2013
menggigit remot salah satu hal yang dilakukan oleh bayi

menggigit remot salah satu hal yang dilakukan oleh bayi

The Stir memberikan beberapa info tentang hal-hal yang sering dilakukan oleh seorang anak di bawah 5 tahun yaitu:

1. Buang air besar di bak mandi

Memandikan anak bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, terutama jika anak Anda tidak suka bermain di air.

Tapi ada sesuatu yang lebih sulit, yaitu jika si kecil tiba-tiba buang air besar ketika mandi. Ini mungkin tidak sering terjadi, akan tetapi dapat dialami oleh beberapa orang.

2. Ngupil

Setiap anak akan risih bila bagian hidungnya terpenuhi oleh kotoran yang disebut upil. Saat ia mencoba untuk membersihkannya untuk mengambil dan mengorek hidungnya dengan menggunakan jarinya, lalu sering kali menempelkan kotoron tersebut dimana pun. Ia akan menempelkan pada benda-benda yang berada di dekatnya terutama bawah meja.

3. Memakan kembali makanan yang telah jatuh  ke lantai

Pada dasarnya anak di bawah 3-5 tahun masih minim mengetahui kebersihan. Itu sebabnya kadang-kadang mereka tidak peduli melihat makanan yang berada di lantai. Tanpa rasa bersalah atau jijik mereka akan mengambilnya dan memakannya lagi.

4. Bermain dengan pakaian kotor Sekali

Terkadang pakaian yang telah kotor bercampur dengan lumpur sering digunakan untuk bermain oleh anak-anak. Dengan cara memegang dan memutar-mutarkan baju tersebut sampai  ke udara dan menempelkannya pada kepala mereka. Mereka memang belum paham akan kebersihan dan kata kotor.

5. Suka bermain dengan bagian tubuh yang vital

Anak-anak yang baru saja besar terutama balita ia akan mencoba memegang alat kelamin mereka terutama laki-laki. kegiatan ini memang harus dihindari karena selain mengandung bakteri alat kelamin juga tidak boleh dipegang dalam kondisi tangan yang kotor. Setelah mandi diusahakan agar kita langsung menutupi bagian kelaminnya dengan celana jika tidak mereka akan mencoba memegangnya.

6. Menjilat dan memegang benda-benda di sekitarnya

menggigit benda-benda di sekitarnya memang hal yang biasa kita jumpai pada anak bayi. Anak dibawah 3 tahun memang cenderung melakukan hal tersebut karena ia masih ingin mengetahui tekstur benda tersebut. Namun kita bisa memberikannya benda khusus yang bisa ia gigit dan ia pegang agar bisa melatih syaraf sensoriknya.

Terkadang hal-hal tersebut di atas kita tidak bisa mencegahnya dan biarkan mereka mengetahui benda-beda di sekitarnya dan hal-hal baru agar ia bisa menggetahuinya. Dan setelahnya kita bisa membersikan tubuhnya dan mencuci tangan dan kakinya.

From → Bayi, Kesehatan

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: