Skip to content

Diusia 10 Minggu Bayi Sudah Belajar Bahasa Dalam Rahim Ibu

April 12, 2013

Usia 10 Minggu Bayi Sudah Belajar Bahasa

Menurut penelitian terbaru dari  University di Washington bahwa seorang bayi telah memulai pembelajaran bahasa sejak masih dalam kandungan ibunya.

Tepatnya saat kandungan ibu berusia 10 minggu ia telah mempelajari suara sang ibunya hal ini diungkapkan oleh Pacific Lutheran.

Dari hasil penelitian sebelumnya bahwa bayi yang telah lahir sudah membedakan suara dari bahasa diawal pertumbuhannya  tepatnya pada bayi berusia satu bulan.

penelitian ini melibatkan 40 bayi Amerika Serikat dan 40 bayi yang berasal dari Swedia dengan pengujian suara yaitu 17 suara ibu dan 17 suara dari bahasa lain

Peneliti kemudian mengukur ketertarikan pada bayi dengan menganalisis berapa lama bayi mengisap dot terhubungdengan komputer. Saat bayi mengisap dot, mereka mendengar suara sampai berhenti. Kemudian ketika mengisap lagi, suara yang berbeda lagi.

Di kedua negara, ditemukan bahwa bayi cenderung menghisap empeng lagi ketika mendengar suara dari bahasa asing. Hal ini menunjukkan bahwa bayi sudah belajar bahasa ibu dalam rahim.

Menurut Patricia Kuhl, penulis utama studi dari Institute for Learning & Brain Sciences di University of Washington masih bertanya-tanya bagaimana bayi yang masih dalam kandungan bisa memahami suara dan bahasa?

Memang manusia bisa mempelajarinya namun sejauh itu pula Allah yang maha mengetahui. Sungguh besar kekuasaanNya.

Baca pula:

sejak lahir bayi sudah belajar kata kerja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: