Skip to content
Tags

,

Pertumbuhan Bayi Usia 1-4 Minggu

April 1, 2013
sumber ilustrasi olala babies

sumber ilustrasi olala babies

Diusia satu bulan bayi cenderung mengekspresikan wajah dan suaranya dan kegiatan utamanya adalah tidur dan menangis jika ada sesuatu yang tidak nyaman pada dirinya.

Satu Minggu

Usia satu minggu bayi sudah mulai bisa mengekspresikan perasaannya dengan teriakan dan tertawa.

Ia sudah bisa mengendus dengan hidungnya dan mulai terdengar jika kita dengarkan pada jarak dekat.

Ia sudah mulai bisa menikmati sentuhan yang kita rasakan seperti memegang dan menggendongnya serta pandangan yang kita berikan akan membuatnya nyaman.

Tetap memberikan komunikasi pada bayi dengan suara dan sentuhan akan selalu membuatnya tersenyum dan gembira. Mari kita mulai gunakan bahasa yang lunak aga ia mulai bisa berkomunikasi dengan baik.

Dua Minggu

Melihat bayi tersenyum merupakan hal yang umum bagi kita. Namun melihatnya tersenyum akan membuat hati kita meleleh seketika apalagi melihat gusinya yang masih polos akan membuat kita makin tersenyum.

Tersenyum akan menambah kegiatan bayi di minggu kedua dengan frekuensi yang sering. Berikan sentuhan lembut merupakan cara komunikasi kita pada bayi diusia beberapa minggu.

Dengan mendengar suara, pelukan, dan harum tubuh kita ย ia akan paham bahwa kita adalah ibunya apalagi saat kita menyusuinya.

Tiga Minggu

Diusia tiga minggu bayi sudah mulai mengenali siang hari, ia juga mulai terjaga di siang hari. Dan pada masa ini kita sudah bisa membantu membangun sensorik bayi dengan bernyanyi dan menyetelkan lagu-lagu untuknya.

Suara alunan Mozart akan membuatnya berlatih mendengarkan irama. Hindarkan mengeluarkan suara yang keras dan musik-musik yang keras karena bisa membuatnya terkejut dan tidak tenang.

Empat Minggu

Diusia satu bulan ini otak bayi mulai berkembang dengan ukuran yang lebih kompleks. Pertumbuhan otak bayi bisa mencapai 5 cm selama 3 bulan pertama.

Diusia inilah kita sudah bisa memberinya pelajaran dengan berbicara, bernyanyi dengan interval yang tenang. Memberikan gambar-gambar pada ruang kamar dan dinding manapun akan mulai menarik pandangannya.

Meski pandangannya masih berwarna hitam putih dan belum jelas jika melihat kita dan benda di sekelilingnya.

Satu bulan ini kondisi tubuhnya masih rentan dengan bahasa tangisannya kita bisa memahami apa yang ia butuhkan. Jari jemarinya masih mengapal sehingga bisa bisa menggenggam jari kita dengan kencang.

Matanya mulai terlihat lebar jika melihat wajah kita dari dekat dan tersenyum merupakan hal yang lucu dan menggemaskan yang ia miliki.

Terus berikan rangsangan pada bayi kita dengan suara dan gambar pada daerah sekelilingnya agar ia lebih berinteraksi pada lingkungannya.

Jangan lupa untuk terus memberikan ASI pada sang bayi karena ASI tetaplah makanan terbaik untuknya.

2 Comments
  1. Fia febiolyn permalink

    Lucunya.. Jd pngen pny si kecil.. Tp blm wktunya…

Trackbacks & Pingbacks

  1. Renang Bisa Melatih Kondisi Fisik dan Mental Bayi | olalababies

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: