Skip to content

Sejak Lahir Bayi Sudah Belajar Kata Kerja

March 29, 2013
Sejak Lahir Bayi Sudah Belajar Kata Kerja

Sejak Lahir Bayi Sudah Belajar Kata Kerja

Ketika berbicara dengan bayi , kita sering terkejut melihat bagaimana mereka memahami dari ekspresi wajah mereka.

Jangan kaget, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bayi mulai belajar tata bahasa sejak mereka lahir.

Menurut Profesor Jill Lany dari University of Notre Dame, bahwa di tahun pertamanya, bayi akan mendengarkan dengan seksama dan mendekonstruksi pola kata.

Kasus ini telah diteliti bahwa dalam aliran suara akan membantu mempelajari arti dari kata-kata dan sang bayi bisa membedakan jenis kata kerja dan kata benda dari sebuah informasi pada aliran suara.

Hal ini bisa diambil contoh dalam kata “ini” ia telah memahami bahwa kata tersebut sebagai kata benda dengan mengidentifikasi petunjuk tata bahasa.Ini terjadi pada bayi yang berusia satu tahun.

Jika kita mengatakan pada bayi  ‘lihat, ini adalah makanan” maka bayi mungkin tidak mengerti apa makanan. Tapi, dia tahu isyarat dari kata  ‘ini’ dan memahami bahwa ‘makanan’ adalah obyek.

Sama seperti ketika seseorang mengatakan ‘saya makan’, prinsip yang sama bekerja dengan isyarat dan kata pola menunjukkan kata kerja.

Bayi menggunakan pola-pola “ini” sebagai petunjuk untuk memahami kata-kata baru yang mereka pelajari. Di usia 15 bulan, mereka dapat melacak tata bahasa yang lebih kompleks.

 Profesor Jill Lany dari University of Notre Dame pun menjelaskan bahwa informasi di tahun pertama bayi adalah bagaimana kata “ini” dan “itu” digunakan dalam bahasa dan kata tersebutlah yang mendukung proses belajar kata sebelum penguasaan bahasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: