Skip to content

Cara Memijat Bayi

March 28, 2013

Pijatan merupakan sebuah sentuhan karena dengan pijatan kita bisa menenangkan dan membuat nyaman sang  bayi. Dengan pijatan pula kita bisa mengkomunikasikan cinta kita terhadap sang buah hati.

Apa saja yang harus diperhatikan dalam memijat bayi?

  1. Memberikan pijatan yang tepat di waktu pagi dan malam sebelum bayi tertidur karena sebelum melakukan aktivitas ini bayi sudah bisa merasakan ketenangan dan akan membuatnya tertidur pulas.
  2. Sebelum memulai kita bisa menyiapkan handuk, pakaian ganti, popok dan baby oil.
  3. Pastikan agar tangan kita bersih, setelah mencucinya dengan sabun dan air hangat. Saat memeiliki bayi disarankan agar tidak memanjangkan kuku dan memakai perhiasan karena bisa mengakibatkan kulit bayi tergores.
  4. Atur suhu ruangan kamar agar tetap hangat dan tidak terkena angin langsung.
  5. Kondisi bayi tidak dalam keadaan lapar maupun kekenyangan.
  6. Usahakan dalam waktu 15 menit proses pemijatan tidak ada yang mengganggu.
  7. Memulailah pemijitan saat bayi sudah dibaringkan pada posisi yang aman.
  8. Lakukan kontak mata dengan bayi agar ia merasakan kasih dari kita,
  9. Putar alunan music lembut agar suasana terasa nyaman dan rileks.
  10. Pijatlah bayi dengan sentuhan ringan dan perlahan. Kita bisa meningkatkan tekanan pijatan dengan keyakinan dan usia bayi kita saat ini.
  11. Berhentilah memijat saat bayi sudah menangis dan tidak mau dipijat lagi.

Bagaimana cara memijat bayi?

pijat 2

sumber ilustrasi ABC P

  1. Setelah semua siap mulailah dengan pijatan “kupu-kupu” yaitu memijat pada bagian dada dari arah pundak menuju dada dengan gerakan membentuk huruf m kearah tengah.                                                                                         Kemudian lakukan arah yang berlawanan dari dada menuju pundak dan berlabuh di kedua tangan. Lakukan gerakan 3-5 kali. Pijatan kupu-kupu ini berfungsi untuk memperkuat jantung.
  2. Memijat bagian perut dengan cara menggerakkan tangan kita searah jarum jam dengan tujuan meningkatkan sistem pencernaan dan mengurangi sembelit.

    pijat1

    sumber ilustrasi ABC P

  3. Berlanjut dengan pijatan “paras putar menggulung” pijatan dilakukan pada bagian tangan dan kaki. Lalukan pijatan pada bagian tangan dengan cara sedikit memutar dan berjalan ke arah jemari tangan.                                                                     Tarik perlahan bagian jemari satu persatu dengan gerakan seperti mencabut rumput.
  4. Lanjutkan pijatan pada bagian kaki lakukan pijatan pada kaki kanan atau kiri terlebih dahulu dengan gerakan memeras,menekan dan berjalan kearah pangkal paha kemudian turun ke arah telapak kaki.                                                         Lanjutkan gerakan pijatan pada bagian telapak kaki dengan gerakan maju mundur dan gerakan mencabut untuk jari-jemari kaki. Lakukan secara berulang dan perlahan. fungsinya pijatan “paras putar menggulung” untuk menghilangkan ketegangan dan memperkuat tulang.

    pijat 3

    sumber ilustrasi ABC P

  5. Berlanjut ke arah wajah  dengan pijatan “senyum” karena bisa melemaskan otot wajah dengan bentuk senyuman. Pijatan ini dilakukan pada bagian wajah dengan menekan pada bagian jidat kearah pipi hingga membentuk sebuah senyuman. Lakukan gerakan beberapa kali hingga bayi merasa rileks.
  6. Setelah bagian depan tubuh telah dipijat semua maka kita bisa menengkurapkan bayi dengan pijatan punggung atau bisa disebut juga degan pijatan “maju mundur” sebab pijatan ini dilakukan dengan gerakan maju dan mundur pada bagian punggung atas hingga bagian pantat bayi. Lakukan pijatan ini berulang kali agar memperkuat otot penyangga tulang belakang.
  7. Jangan melakukan pijatan terlalu keras karena bisa menyebabkan bayi menagis, kesakitan dan tidak nyaman. Lakukan semua gerakan memijat dengan lembut.

Fungsi Pijatan

  • Memacu system sirkulasi bayi dan denyut jantung, pernafasan, pencernaan dan system kekebalan tubuh sang bayi.
  • Dengan pijatan secara langsung kita bisa melatihnya agar lebih tenang dalam menghadapi stress.
  • Mendorong pertumbuhan susunan otot dan kelenturanyang nantinya akan membantuh pertumbuhan kemampuan fisik bayi kelak dikemudian hari.
  • Dengan pemijatan rasa kasih sayang antara ibu dan anak  akan terus meningkat.
  • Selamat mencoba

From → Bayi, Perawatan Bayi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: