Skip to content

ASI Investasi Masa Depan Bagi Ibu & Anak

March 25, 2013
sumber ilustrasi The little word

sumber ilustrasi The little word

Tak akan ada habisnya bila kita melihat manfaat ASI yang memang memiliki manfaat segudang. Baru-baru ini Profesor Kim Fleischer Michaelson dari Copenhagen University telah meneliti tentang kebaikan ASI.

Hasilnya, bahwa ASI melindungi bayi terhadap kuman dalam perut, infeksi dada, asma, penyakit kulit, alergi, dan umumnya membawa banyak manfaat kesehatan pada usia selanjutnya.

Dan taukah bunda apa manfaat menyusui bagi kita?. Bahwa menyusui dan memberikan ASI juga dapat mengurangi risiko pre-menopause kanker payudara, kanker ovarium, dan osteoporosis pada kita.

Menyusui juga membantu kita mengembalikan berat badan ideal kita sebab dengan menyusui bisa membakar 500 kalori ekstra per hari. Bagaimana dengan pertumbuhan bayinya?.

Bayi yang mendapat ASI akan tumbuh lebih lambat dibanding bayi yang mengkonsumsi susu formula. Hal demikian tidak perlu khawatir karena pola pertumbuhan ASI sangat optimal karena sang bayi akan memiliki sedikit risiko penyakit lebih rendah di masa depan.

Dan penelitian menunjukkan bahwa bayi yang mengkonsumsi susu formula yang disapih terlalu dini, sebelum enam bulan, menjadi anak yang tumbuh paling cepat.

Kasus ini banyak dialami di negara Inggris. Inggris memiliki tingkatan menyusui terendah di benua Eropa Sebab hampir satu dari tiga ibu tidak pernah mencoba menyusui bayi mereka.

waw.. sungguh irois negara yang memiliki nilai mata uang tertinggi tidak bisa menghemat pengeluaran dengan menggunakan ASI.

Rata-rata ibu di sana ketika bayinya berusia empat bulan sudah diberikan susu formula.Dan ini memiliki persentase 75% bayi sudah mengkonsumsi susu formula.

Padahal Inggris Departemen Kesehatan merekomendasikan bahwa bayi harus disusui secara eksklusif selama enam bulan di awal usia bayi.

Lain halnya dengan Swedia 98 %  ibu baru memberikan ASI pada bayi mereka, patut dicontoh. Dan Bayi di usia dini di negara tersebut terhindar dari penyakit bayi.

Siapa lagi yang ingin investasi kesehatan gratis? cukup dengan menyusui dan memberikan ASI semua akan sehat baik ibu maupun anak.

From → ASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: