Skip to content

Tips Memandikan Bayi

March 22, 2013

Awalnya kita akan memiliki rasa takut dan was-was untuk memulai memandikan bayi, tapi tidak usah merasa takut meski kita baru pertama kali memandikan buah hati kita yang baru lahir. Dengan rasa percaya diri yang tertanam pada diri kita pasti akan terbiasa mengatasinya. Bagaimana caranya? olala babies akan memberikan infonya.

cara mandi 1

sumber ilustrasi ABC P

  1. Siapkan keperluan mandi sang bayi mulai dari handuk, waslap, sabun mandi, shampoo, pakaian bayi berupa popok, pempers, pakaian dalam atau kaos dalam, baju dan selimut. Siapkan pula kosmetik yang dibutuhkan.
  2. Siapkan air hangat dengan suhu 36°C – 37°C. Ceklah dengan menggunakan siku kita atau telapak tangan kita apakah terasa hangat. Kehangatannya air yang telah disiapkan harus hanggat-hangat kuku.
  3. Lepaskan baju bayi secara bertahap dan mulailah untuk meletakkan bayi pada bak mandi secara perlahan-lahan.

    cara mandi 2

    Sumber ilustrasi ABC P

  4. Saat mulai turun di bak mandi, basahi wajah, kepala ke arah dada dan bersihkan mata dari luar ke dalam dalam satu arah dengan. menggunakan kapas yang telah dibasahi.
  5. Basuh kepala, wajah, leher, dada, lengan, punggung, dan tungkai perhatikan daerah lipatan. Bersihkan semua lipatan pada bayi secara perlahan.
  6. Sabuni kepala dan dada hingga perut ke bawah dan semua lipatan dengan menggunakan waslap. Bilas dengan air hingga bersih setelahnya.
  7. Jangan pernah meninggalkan bayi saat berada di bak mandi akan mengakibatkan bayi tenggelam meski bak tidak terisi air penuh. Ini dikarena bayi belum bisa melakukan aktivitas sendiri.

    cara mandi 3

    Sumber ilustrasi ABC P

  8. Angkatlah bayi dalam bak mandi secara perlahan dengan cara dibopong atau terlentang dengan menggunakan kedua tangan dan langsung dibalut dengan handuk. Jangan mengangkat bayi dengan cara menggendong pada ketiaknya sebab bayi akan terkejut dan tidak nyaman.
  9.  Setelah memandikan kita bisa langsung merawatnya dengan memberikan minyak telon agar tubuh bayi hangat setelah terkena air. Dan berikan bedak di sekujur tubuhnya dengan bedak secara perlahan tanpa ada bagian yang tertinggal termasuk daerah lipatan.
  10. Berikan ASI setelah memandikan bayi merupakan ide yang cemerlang sebab setelah mandi akan merasa segar dan mengkonsumsi ASI setelahnya akan membuat ia kenyang dan terkantuk-kantuk. Tidurkanlah bayi setelah semua selesai dan kita bisa berlanjut beraktivitas.

Usahakan memandikan bayi secara rutin agar bayi tidak rewel. Jika aktivitas ini terlewatkan maka bayi akan tidak nyaman. Setelah mandi usahakan membalurkan minyak telon degan cara membalurkannya agar bayi merasa hangat.

Jemur bayi secukupnya antara pukul 07.00-09.00 WIB dengan menjemur bagian punggung dan dada setelah mandi tanpa pakaian. Hindarkan bayi agar tidak menatap matahari langsung.

lakukan aktivitas yang sama setiap hari karena bayi membutuhkan rutinitas agar mudah beradaptasi dengan lingkungannya.

Tips cara membersihkan alat kelamin

Bersihkan kotoran yang ada pada kulup secara perlahan. Dorong dengan lembut kulit penis ke pangkal penis dan seka kotoran dengan kasa atau kapas basah.

Untuk bayi perempuan, bersihkan daerah kemaluan dari bagian depan ke arah belakang (dari kemaluan ke arah anus) dapat diulang dengan menggunakan kasa yang baru. Begitu pula dengan selangkangannya harus menggunakan kasa yang baru.

From → Bayi, Perawatan Bayi

One Comment

Trackbacks & Pingbacks

  1. Cara Memandikan Bayi | olalababies

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: