Skip to content

Menyusui Bisa Mengurangi Risiko Obesitas dan Diabetes

March 22, 2013
sumber ilustrasi menyusui pregnancy

sumber ilustrasi menyusui pregnancy

Lagi-lagi olala babies menemukan bukti tentang ASI.

Berdasarkan penelitian di Fakultas Biologi Universitas Kopenhagen Denmark menyatakan bahwa semakin lama periode kita menyusui akan berpengaruh pada anak kita kelak yaitu berat badan anak kita akan stabil atau rendah (tidak gemuk) saat mencapai 18 tahun.

Karena saat kita menyusui sebelumnya akan membantu mencegah ia dari diabetes dan obesitas dikemudian hari.

Temuan ini menunjukkan bahwa bayi yang mengkonsumsi ASI  akan memiliki pola pertumbuhan yang berbeda dibanding dengan bayi yang mengkonsumsi susu formula sehingga akan memiliki kesehatan yang lebih baik di masa depan.

Setelah diteliti ada beberapa analisis,  ASI bisa menurunkan pertumbuhan IGF-I hormon dan insulin dalam darah dengan pertumbuhan yang lambat. Bahkan ketika bayi sudah mulai makan makanan padat (MPASI).

ASI akan memperlambat pertumbuhan berat badan dengan  didukung pola makan yang sehat. Sebaliknya, susu formula meningkatkan produksi sel-sel lemak yang memicu kenaikan berat badan selama masa kanak-kanak.

Dan  menyusui memiliki efek signifikan dan terukur pada regulator pertumbuhan yang penting dalam darah, IGF-I dan insulin. Semakin lama bayi diberikan ASI maka seorang anak ASI akan memiliki hormon IGF-I dan insulin yang rendah.  Anak pun akan memiliki sedikit kesempatan berat badan di masa yang akan datang.

Pembuktian ini telah diteliti dan dianalisis pada 330 anak ketika mereka berusia 9, 18 dan 36 bulan tentang diet dan kesejahteraan yang hasilnya lebih besar jika bayi mengkonsumsi susu formula.

Jadi kita jangan pernah bermalas-malas untuk menyusui jika ingin memiliki anak dengan kesehatan yang baik dan terhindar dari obesitas.

From → Ibu, Menyusui

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: