Skip to content

Mengenali Bayi Jika Menangis

March 8, 2013
Young mother kissing crying baby

sumber ilustrasi copii geniali

Menagis merupakan salah satu kegiatan utama bayi karena dengan menagis kita bisa tau kebutuhan apa yang diinginkan oleh bayi.

Pada awal kelahirannya kita sudah bisa mendengar tangisannya dan menandakan bahwa ia sudah ada di tengah-tengah kita.

Dan hanya dengan menangis kita langsung bertugas dan mencari tahu ada apa gerangan dibalik tangisannya.

Terkandang tangisannya membuat kita teruji, jadi bagaimana cara menangani bayi menangis? berikut tipsnya.

Aku lapar
Kebanyakan bayi setelah lahir adalah menyusu. Karena sudah tidak berada di rahim sang ibu ia berusaha memberitahukan kepada kita bahwa ia lapar dan otomatis kita memberikan makanannya berupa ASI yang kita miliki.

Setelah menyusu jangan lupa untuk menyendawakannya agar tidak terjadi gumoh. Dan mulailah kenali tanda-tanda jika ia lapar.

Aku ingin mengisap sesuatu
Menghisap adalah refleks alami bagi bayi. Bagi bayi menghisap merupakan sebuah kegiatan karena bisa menghibur dan menenangkan  Jika bayi memainkan bibir dan mulutnya berikan dot agar ia merasa tenang.

Aku lelah
Kegiatan utama bayi lainnya merupakan tidur. Karena 16-20 jam adalah kegiatan yang ia lakukan. Jika bayi rewel setelah lama berbaring maka kita bisa mencoba untuk menggangkat dan mengajaknya keluar dari kamar dan menikmati angin sepoi-sepoi. Dan cobalah untuk mengajaknya berbicara agar ia terhibur.

Aku basah
Kencing dan buang air besar merupakan hal yang tidak nyaman bagi bayi. Selidiki jika ada bagain tubuh yang basah dan gantilah popok atau pakainannya. Karena dengan kondisi yang basah ia akan terus menangis tidak akan betah.

Aku ingin pindah
Lama berbaring ditempat tidur memang membuat bayi lelah. Jika ia mulai menangis dan sudah kenyang cobalah untuk tetap menggendongnya sambil mengayun-ayukannya dengan kursi goyang atau mengajaknya berjalan di sekitar ruangan sambil mendengarkan musik atau bernyanyi.Hal tersebut bisa membuatnya terdiam.

Aku ingin dibedong
Beberapa bayi merasa paling aman jika bungkus atau dibedong. Karena dengan dibedong ia bisa merasa nyaman dan hangat seperti masih di rahim kita. Usahakan kita membedongnya dengan menggunakan kain yang tipis dan terbuat dari katun agar nyaman dan tidak mudah gerah.

Aku panas
Bayi juga seperti anak-anak jika ia berkeringat saat kegerahan. Biasanya ia akan tetap menangis jika tidak nyaman Seorang bayi yang terlalu panas akan cenderung tidak nyaman. Hal yang sama berlaku untuk bayi yang terlalu dingin. Menambah atau menghapus lapisan pakaian sesuai kebutuhan.

Aku kesepian
Terkadang bayi yang ditinggal sendiri membutukan seorang teman tepatnya ingin selalu ditemani ibunya. Dengan melihat dan mendengar suara sang ibu bisa menghentikan tangisannya.

Ajaklah berbicara dan bernyanyi agar ia merasa senang sambil memberikan lembut dan tepukan ringan pada punggungnya bisa menenangkan bayi yang menangis.

Aku tidak suka keramaian
Terlalu banyak suara, gerakan atau stimulasi visual bisa menyebabkan bayi Anda menangis. Dengan begitu kita bisa memindahkan bayi dalam suasana yang tenang dan sejuk.

Menyetel sebuah musik dengan alunan yang lembut juga bisa membuatnya tenang dan terdiam.

Dengan tangisannya kita bisa tau bukan? apa yang diinginkannya?. Jika memang masih saja rewel kita harus mencari tau apa penyebabnya.

Prediksi kerewelan bayi 50 % pada siang hari dan 30% pada malam hari dan seiring berjalannya waktu tingkat kerewelannya akan berkurang sesuai umurnya.

From → Bayi, Bayi Baru Lahir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: