Skip to content

Kandungan Dalam Kolostrum

March 7, 2013
kolosrom (sebelah kiri) hanya berlangsung 7 hari pertama setelah kelahiran bayi dan akan berubah menjadi susu berwarna putih (sebelah kanan)

kolosrom (kiri) hanya berlangsung 7 hari pertama setelah kelahiran bayi dan akan berubah menjadi susu berwarna putih ( kanan)
sumber ilustrasi wikimedia

Kolosrtum merupakan cairan yang pertama kali dikeluarkan oleh seorang ibu yang baru saja melahirkan dengan warna kuning sampai oranye dan lengket serta tebal.

Jika susu ini menempel pada pipi atau daerah sekitar bibir bayi maka akan mengering dan berubah bentuk seperti kerak.

Kolosrtum  diproduksi pada masa kehamilan seorang ibu terus berlanjut sampai hari-hari menyusui bayinya setelah ibu  melahirkan.

Fungsinya sebagai antibodi sang bayi  dan mudah dicerna sebagai laxative membantu mengeluarkan tinja dan membersihkan bilirubin yang berlebih, limbah yang merupakan produk mati sel darah merah yang diproduksi dalam jumlah besar saat lahir karena bisa mengurangi sel darah merah agar terhindar dari penyakit kuning.

Menurut Guthrie pada tahun 1989

Dalam 100 ml kolosrom kira-kira mengandung 58 kalori, 5.3 gr karbohidrat, 2.9 gr lemak dan 3.7 protein, vitamin E, zinc serta mengandung beta karoten (bisa terlihat dari warna kolostrom berwarna kuning bening) yang sangat tinggi yaitu 10x lipat dari susu biasa.

Selain kaya akan protein, vitamin A, natrium klorida, rendah lemak dibanding karbohidrat, lipit, kalium, vitamin E dan Zinc.

Menurut studi Mandel et al 2005

Menjelaskan bahwa seorang ibu yang menyusui lebih dari setahun akan menghasilkan lemak susu lebih tinggi dari awal ia menyusui dan kiat ini lebih sukses bertahan lama dibanding ibu yang menyusui hanya 6 bulan.

Jika kita menyusui lebih sering setelah melahirkan maka payudara kita akan lebih cepat menghasilkan ASI pada hari ketiga dan keempat. Bila kolostrum bertahan hingga 7 hari maka bisa dilihat dari intensitas menyusui yang kurang. Lebih sering dan cepat akan lebih baik.

Pentingnya menyusui sejak dini dihari pertama kelahiran bayi paling sedikit adalah 8-12 kali pada 24 jam pertama karena semua kolostrum bisa diambil dan diserap oleh sang bayi.

Dan fungsi kolosrom bisa langsung terlihat pada tinja bayi dan air kencingnya yang berwarna kuning untuk membersihkan bilirubin.

Jangan menunda untuk memberikan air susu pertama (kolostrum) setelah melahirkan pada bayi karena kolostrum sangat dibutuhka oleh bayi.

dikutip dari berbagai media dan buku.

From → ASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: