Skip to content

Susu Sapi Empat Kali Lebih Asin Dari ASI

March 1, 2013
susu sapi

sumber inspirasi can i give my baby

European Journal of Clinical Nutrition menerbitkan penelitian tentang efek yang merugikan dari susu sapi pada bayi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa susu sapi memiliki tingkat lebih tinggi dari garam yang hampir empat kali lebih banyak dari ASI.

Menurut Dr Pauline Emett dan Vicky Cribb Jika bayi, balita dan anak-anak mengkonsumsi  garam berlebihan akan merusak ginjal dan tekanan darahnya meningkat.

Dan ahli gizi telah merekomendasikan bahwa bayi berusia kurang dari 12 bulan harus menghindari susu sapi. Dan kita sebagai orang tua harus bisa menghindarinya.

Studi ini mencatat bahwa susu sapi mengandung 55 mg garam per 100 ml. Sedangkan ASI mengandung 15 mg per 100 ml.

Dengan demikian, kita sebagai ibu harus siap memberikan ASI eksklusif untuk anak-anak mereka terutama pada bayi kurang dari 6 bulan.

ASI mengandung semua zat gizi dan cairan yang dibutuhkan untuk memenuhi seluruh gizi bayi pada 6 bulan pertama kehidupan.

ASI sangat seimbang, sehingga protein, karbohidrat, lemak, dan mineral yang terkandung di dalamnya menyebabkan ASI agar mudah dicerna.

Menyusui bayi jarang kelebihan berat badan, dehidrasi, memiliki alergi, atau terinfeksi bakteri. Menyusui memberikan perlindungan alami dengan mengalirkan antibodi penting dari ibu ke bayi.

Selain manfaat psikologis untuk bayi karena mereka bisa merasakan kehangatan dan kedekatan fisik ibunya, menikmati suara ibunya dan wajah, sementara memenuhi kebutuhan untuk mengisap.

Dan manfaat lain dari menyusui  bisa membantu mengecilkan rahim, mempercepat kondisi ibu untuk kembali ke pra-kehamilan, dan mengurangi risiko perdarahan. Lemak di sekitar pinggul dan paha pun akan berpindah pindah ke dalam ASI, sehingga kita lebih cepat ramping.

Studi lain pun menjelaskan  bahwa ibu yang menyusui memiliki risiko lebih rendah terkena kanker serviks dan kanker payudara.

Tidak rugi bukan, bahwa menyusui memang benar-benar memiliki keuntungan bagi kedua belah pihak antara ibu dan anak. Jangan berikan susu lain selain ASI jika kita ingin sehat, aman, dan untung.

dikutip dari MM media

From → ASI

4 Comments
  1. nice post sob.. mksih udah bagi bagi informasi nya .

Trackbacks & Pingbacks

  1. Persentase ASI | olalababies
  2. Hubungan Menyusui Dan Otak Bayi | olalababies

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: