Skip to content

ASI Kurangi Resiko Kematian Bayi Mendadak

February 28, 2013
tidur tengkurap

salah satu penyebab SIDS saat bayi tertidur dengan posisi menutupi wajahnya atau tengkurap ini terjadi saat bayi berumur kurang dari satu tahun

Satu lagi fakta bahwa ASI memiliki khasiat tinggi yaitu dapat mencegah kematian potensial karena sindrom kematian mendadak yang kita kenal dengan sebutan SIDS.

Menurut peneliti  di University of Virgnia School of Medicine di Charlottesville Dr. Fren Hauck  bahwa menyusui memberikan kekebalan tubuh bagi bayi dari risiko SIDS dan fakta ini telah terbukti.

Fenomena kematian mendadak (SIDS) pada bayi tidak dapat dijelaskan. Biasanya, kematian ini terjadi ketika bayi tidur dan terjadi pada bayi berusia kurang dari satu tahun, terutama pada bayi berusia empat bulan.

Hauck mengatakan satu teori yang menyebabkan SIDS saat bayi tertidur dengan wajah atau kepala yang ditutupi (disarankan untuk tidak memutar kepala mereka), dan menangis dengan kencang seperti kebanyakan bayi dan perlahan-lahan bisa menyebabkan bayi meninggal.

Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan bahwa ibu menyusui bayinya selama enam bulan pertama kehidupan mereka akan lebih aman jika dibandingkan dengan memberikan susu formula.

Hauck dan peneliti lainnya mengatakan bahwa tingkat SIDS adalah 60 persen lebih rendah bagi bayi yang mengkonsumsi ASI daripada mereka yang tidak. Dan 70 persen lebih rendah pada bayi yang diberi ASI eksklusif – tanpa susu formula – untuk setiap periode waktu. Dengan ASI bayi bisa terlindungi dari kematian mendadak atau SIDS.

National Institutes of Health di Amerika Serikat, telah meneliti  pada kasus SIDS telah membunuh lebih dari 2.500 bayi di Amerika Serikat setiap tahun.

Terbukti bukan? bahwa ASI memang sangat banyak manfaatnya. Kita tidak akan tau apa yang terjadi dengan sang bayi untuk mencegahnya tetaplah berikan ASI pada sang buah hati.

dikutip dari MedicMagic

From → ASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: