Skip to content

Ruang Laktasi

February 21, 2013

Ruang Laktasi

Dibeberapa mall kawasan Jakarta saat ini sudah banyak kita jumpai ruang laktasi sekitar 22 mall sudah tersedia, salah satunya mall kelapa gading di kawasan kelapa gading Jakarta Utara.

Ruangan ini ada untuk kebutuhan ibu-ibu yang akan menyusui bayinya atau memerah ASI untuk sang bayi,  kemanapun ibu dan bayi pergi ruangan tersebut harus tersedia di tempat-tempat umum lain seperti bandara, pelabuhan, stasiun kereta, terminal bus, tempat rekreasi bahkan kantor.

Saat ini pemerintah telah mengeluarkan aturan dalam pasal 30 pada Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2012 tentang pemberian Air Susu Ibu Eksklusif .

Menurut Slamet Riyadi (Direktur  Jendral Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kementrian Kesehatan) baik kantor pemerintah, swasta dan pengelolah sarana umum wajib menyediakan ruang menyusui dan memerah ASI.

Jika melanggar terancam sanksi dari administratif hingga pencabutan izin. pembicaraan dikutip pada 08 Juni 2012.

Jika sebuah perusahaan telah menyediakan ruang laktasi maka wajib pula untuk memberikan kesempatan pada ibu yang menyusui untuk memerah ASI untuk kebutuhan sang bayi.

Sedangkan ruang laktasi yang berada di mall khususnya harus bebas dari spansor produsen susu formula bahkan melarang dengan tegas produsen susu formula tidak boleh mensponsori pembangunan ruang menyusui di sarana umum hal ini sudah ditegaskan oleh Farahdibha Tenrilemba  Sekretaris Jendral Asosiasi Ibu Menyusui.

Jadi sudah jelas bukan, bahwa menyusui dan memberikan ASI Eksklusif memang sangat-sangat didukung oleh pemerintah. Mari kita berikan buah hati yang terbaik dengan ASI Eksklusif agar sehat dan kebal terhadap penyakit.

dikutip dari sinar harapan

From → Fasilitas, Refrensi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: