Skip to content

Ada Lanugo Di Tubuh Bayi

February 20, 2013

Ada Lanugo Di Tubuh Bayi

Saat mendengar bayi yang baru lahir kita sudah bisa merasakan kehadirannya dan saat itu pula ada keinginan untuk melihat dan menggendongnya.

Beberapa menit melihatnya kita bisa memperhatikan bahwa bayi yang baru lahir ditumbuhi oleh rambut-rambut halus di sekujur tubuhnya dari mulai kepala hingga pergelangan kakinya terkecuali bagian bibir, telapak tangan, telapak kaki,  kuku dan kelenjar penis.

Rambut halus ini dikenal dengan nama lanugo. 

Saat kehamilan mencapai 20 minggu lanugo mulai tumbuh dan rambut ini tidak berpigmen karena lanugo ini diproduksi oleh folikel yang terdapat dalam rahim.

Lanugo akan hilang dan rontok saat janin berusia 7 hingga 8 bulan dan berganti dengan vellus, setelah kelahirannya bulu-bulu halus itu akan hilang saat bayi berusia 1 sampai 5 minggu dan kulit bayi akan terlihat lebih halus dan mulus.

Sedangkan fungsi dari lanugo sebagai pelindung untuk menutupi tubuh bayi dalam rahim agar tidak terendam oleh cairan ketuban dan membantu menahan vernix. 

Lanugo akan sering kita jumpai pada bayi dengan kelahiran prematur sebab ia masih tumbuh di usia janin hingga 8 bulan dan lanugo  merupakan hal yang alami dan tidak bisa dihilangkan secara medis.

From → Bayi, Kesehatan

One Comment

Trackbacks & Pingbacks

  1. Vernix | olalababies

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: