Skip to content

Pentingnya Sayuran Dan Buah Bagi Ibu Menyusui

February 15, 2013

Raw-Fruit-And-Vegetables

Sayuran dan buah memang tak asing lagi bagi semua mahluk yang ada di bumi ini semua membutuhkannya termasuk ibu hamil dan ibu menyusui yang memang harus mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral ini.

Bagi ibu yang menyusui sayuran dan buah akan berpengaruh sekali untuk kelancaran ASInya, mineral yang terkandung dalam makanan tersebut bisa memperbanyak jumlah asupan ASI yang ia miliki.

Menurut pengalaman seorang ibu yang menyusui sayuran dan buah sangat-sangat berpengaruh dalam jumlah ASI yang didapatkan per harinya.

Saat ini ibu yang bekerja di kawasan Jakarta sedang menyusui dengan umur bayi hampir 9 bulan.

Sampai detik ini ia bisa memerah ASI perhari  di kantornya hingga 4 botol dengan kapasitas 100 ml per botolnya, memang kondisinya menurun jika dibandingkan  saat  ia baru masuk kerja kembali setelah 3 bulan dan usia bayi pada saat itu adalah 3 bulan pula dan bisa memerah ASI di kantor hingga 6 botol.

Beberapa minggu kemudian ia terlibat dalam kesibukan kerja hingga ia tidak sempat untuk mengolah dan mengkonsumsi sayuran  selama beberapa hari di kediamannya.

Ia mulai mengeluh bahwa ASI perah yang didapatkannya selama beberapa hari ini sangat menurun jumlah menjadi 2 botol kapasitas 100 ml di setiap botolnya selama di kantor.

Dan setelah ditelusuri penyebabnya adalah mandegnya ia mengkonsumsi buah dan sayuran selama beberapa hari sebelumnya.

Mulailah ia berjuang kembali untuk menggantikan ASIP yang telah berkurang dengan berpola makan yang teratur kembali mengkonsumsi buah, sayuran, air putih dan beberapa makanan yang bisa memperlancar ASInya.

Perjuangan untuk mengembalikan produksi ASI memang berat terkadang tersandung oleh perasaan yang malas dari diri sendiri ketika melihat stok ASIP di kulkas masih melimpah atau malas yang di karenakan sang bayi sudah mulai mengkonsumsi makanan pendamping sungguh perjuangan bagi ibu menyusui.

Oleh karena itu tetaplah mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral agar ASI senantiasa lancar dan rajin-rajinlah untuk memerahnya agar produksi ASI tetap stabil.

Bagi seluruh ibu yang menyusui tinggalkan rasa malas dan teruslah berjuang demi buah hati tercinta hingga beranjak 2 tahun agar sempurna mengkonsumsi ASI. Selamat berjuang dan tetaplah semangat.

From → Artikel, Refrensi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: