Skip to content

Persentase % asupan bayi

February 13, 2013

Jika kita mendengar kata asupan yang terbayang dalam benak adalah makan dan minum. Makan dan minum memang sangat dibutuhkan  oleh tubuh manusia khususnya bagi bayi yang baru lahir agar ia bisa tumbuh dan berkembang. Bagi bayi yang baru lahir asupan yang ia perlukan hanyalah ASI, ASI dan ASI. Lalu berapa persenkah rata-rata asupan yang dibutuhkan oleh bayi?

Umumnya pada bayi yang baru lahir 100 % hanya membutuhkan ASI tidak yang lain, karena ia belum membutuhkan makanan pendamping lainnya seperti pisang. Cukup dengan ASI bayi sudah merasa kenyang dan jangan pernah memberikan makanan lain sebab pencernaan bayi masih bermuatkan cairan saja belum bisa mencerna makanan selain ASI. Biasanya bayi yang berusia 0-6 bulan masih membutuhkan 100% ASI, cukup dengan ASI dan hanya ASI.

12824percent

Setelah bayi beranjak 6 bulan barulah ibu bisa memberikan makanan pendamping secara bertahap dari mulai yang lembut hingga yang teksturnya kasar. pada usia 6-7 bulan bayi diperkenalkan rasa oleh ibunya agar bisa melatih rasa dalam lidahnya, rata-rata bayi yang berusia 6-7 bulan ia masih membutuhkan ASI 80% dan 20% adalah makanan pendamping  1-2 kali sehari dengan takaran 1-2 sendok makan hingga 2-3 makan tanpa paksaan karena bertujuan memperkenalkan rasa. Tetap asupan utama bayi diusia ini adalah ASI. Makanan pendamping yang harus disajikan pada usia ini adalah makanan yang halus dengan cara diblender bisa disebut juga dengan pure agar pencernaannya tidak kaget dan agar bisa berkembang secara perlahan-lahan.

Pada usia 7-9 bulan bayi masih membutuhkan 70% ASI , 25% merupakan makanan pendamping berupa pure 2-3 kali dalam sehari dengan takaran 2-3 sendok makan atau dengan ½ mangkuk (125 ml) dan 5% merupakan selingan berupa buah, finger food, biskuit dan makanan kecil yang sifatnya berupa cemilan yang tidak mengandung gula, garam, dan bahan pengawet. Dengan cemilan ini ibu bisa memperkenalkan si kecil beraneka ragam buah, sayuran berupa wortel, buncis, brokoli agar ia memiliki daya ingat yang tinggi tentang rasa.

Usia 9-12 tahun perkembangan fisik si bayi yang dulu berukuran mungil ini mulai terlihat mulai dari kepala hingga ujung kaki. Dan asupan yang ia makan pun semakin berkembang 60% masih minum ASI, 35% mengkonsumsi pure dengan tekstur yang agak kasar minimal dalam sehari adalah ½ mangkuk dengan takaran 125 ml sampai 175 ml dan 5% nya selingan yang sama pada saat usia 7-9 bulan.

Pada saat ini berapakah usia si kecil ? cobalah untuk menerapkan asupan yang bervariasi  agar ia bisa mengenali rasa dan memperkembangkan pencernaannya dengan baik.  Jangan lupa untuk mengontrol gizinya.

From → Bayi, Makanan Bayi

2 Comments
  1. buy tramadol online can tramadol hcl 50 mg get you high – tramadol 100mg for dogs

Trackbacks & Pingbacks

  1. Baby Dan Kerupuk | olalababies

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: